Hujan Lebat Diperkirakan Guyur 3 Wilayah di Yogyakarta, Waspada Longsor

Priyo Setyawan, Koran SI · Senin 22 Februari 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 510 2366241 hujan-lebat-diperkirakan-guyur-3-wilayah-di-yogyakarta-waspada-longsor-0qZRyBVnQu.jfif Ilustrasi (Dok Okezone)

YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat mengguyur tiga wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Kulonprogo, Sleman, dan Bantul pada 22-23 Februari 2021. BMKG pun mengeluarkan peringatan dini dari dampak hujan lebat, seperti banjir dan longsor.

Hujan lebat di wilayah Kulonprogo diperkirakan terjadi di Kapanewon, Temon, Panjatan, Wates, Pengasih, Kokap, Samigaluh, Girimulyo, Nanggulan, Sentolo, dan Kalibawang. Di Sleman, hujan diperkirakan mengguyur wilayah Kapanewon Gamping, Mlati, Sleman, MInggir, Moyudan, Seyegan, Turi, Tempel dan Godean. Sementara wilayah Bantul di Kapanewon, Piyungan, Banguntapan, Sedayu, Pajangan, Pleret dan Dlingo.

“Perkiraan cuaca ini berlaku dari tanggal 22 Februari 2021 pukul 07.00 WIB sampai 23 Februari 2021 pukul 07.00 WIB,” tulis stasiun Klimatologi BMKG DIY, Senin (22/2/2021)

Mengenai kondisi tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini terhadap dampaknya, yaitu gangguan lalu lintas karena jalan utama terjadi genangan air atau jalan ditutup, terjadi kerusakan ringan pada tanggul sungai, terjadi aliran lahar dingin dan terjadi longsor atau erosi tanah dalam skala menengah.

Baca Juga : Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda 23 Wilayah di Indonesia, Cek Lokasinya

Karena itu, sebagai antisipasinya, masyarakat diminta tetap tetap tenang dan waspada, berbagi informasi dengan tetangga sekitar rumah, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbaharui informasi melalui media massa atau media sosial, mencari informasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan kebencanaan.

Baca Juga : Musim Hujan Diprediksi Berakhir pada Mei 2021 Mendatang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini