Kapolres Mimika Pastikan Hanya 1 Anggota KKB Tewas dalam Baku Tembak

Saldi Hermanto, Okezone · Selasa 02 Maret 2021 21:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 340 2371157 kapolres-mimika-pastikan-hanya-1-anggota-kkb-tewas-dalam-baku-tembak-NmjXYJ4z5b.jpg Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (Foto: Saldi Hermanto)

TIMIKA - Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata memastikan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang tewas dalam kontak tembak di area Mile Point (MP) 53, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, pada Minggu 28 Februari 2021, hanya satu orang, yaitu Ferry Elas. 

Ferry Elas merupakan anggota KKB Kalikopi dari Makodap III Timika, yang saat ini sementara dipimpin Joni Botak pasca-tewasnya Hengky Wamang, pimpinan KKB Kalikopi.

Pada Minggu, 28 Februari 2021 Satuan Tugas Nemangkawi melaksanakan patroli pengamanan di wilayah Tembagapura. Sekira pukul 11.30 WIT di sekitaran Mile 53, tepatnya di area hutan, terlihat sekitar enam orang anggota KKB.

"Dari hasil pemantauan teropong terlihat menggunakan senjata M16 dan AK47," kata Kapolres di Timika, Selasa (2/3/2021) malam.

Baca Juga: Baku Tembak Kembali Terjadi, Seorang Anggota KKB Tewas

"Saat melihat tersebut, terjadilah kontak tembak sekitar 30 menit, dan dari kejauhan melalui teropong terlihat KKB tersebut lari masuk hutan. Namun, setelah di teropong lagi diketahui ada satu yang diperkirakan jatuh di TKP," sambungnya.

Selanjutnya, sekitar pukul 13.00 WIT, dilakukan konsolidasi oleh tim investigasi yang terdiri dari penyidik Polres Mimika, gabungan dengan satuan tugas Nemangkawi untuk menuju TKP.

Dikarenakan medan yang cukup berat, harus melewati (arus) kali yang cukup deras, ditambah tebing yang curam, saat menuju TKP tim istirahat pada malam harinya.

"Karena tidak memungkinkan, apalagi pada saat itu cuaca sangat ekstrem, hujan sangat deras. Disepakati besoknya tanggal 1 Maret kembali perjalanan ke TKP. Dan pada pukul 10.00 WIT sampai di TKP, tim melihat ada satu jenazah laki-laki," bebernya.

Saat hendak melakukan oleh TKP, tim mendapat gangguan dari KKB yang berada area ketinggian. Sehingga diputuskan setelah mengambil barang bukti serta dokumentasi, tim kembali ke Mile 53 dan tiba pada pukul 19.00 WIT.

"Dari hasil investigasi, setelah dari pengumpulan barang bukti, melihat dari foto-foto yang ada, dapat dipastikan bahwa satu jenazah yang ditemukan adalah DPO daripada Polres Mimika sejak tahun 2017. Kami pastikan atasnama Ferry Elas," ungkap Kapolres.

Baca Juga:  KKB Kembali Berulah, Kali Ini Culik 317 Siswi Lalu Disembunyikan di Hutan

Hasil investigasi pencocokan terhadap anggota KKB tersebut, juga diyakinkan oleh dua orang informan yang mengenal betul Ferry Elas. Ditambah lagi pencocokan pernak pernik yang digunakan, kalung, jam tangan, anting-anting, hingga pakaian, sama dengan ciri-ciri jenazah saat ditemukan.

Kapolres Era juga tidak menjamin jika masih ada korban tewas anggota KKB lainnya di sekitar wilayah Mile 53. Masyarakat jika menemukan diminta untuk melaporkan kepada aparat keamanan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini