Kemunculan Buaya 2 Meter di Pantai Bikin Panik Wisatawan

INews.id, · Minggu 07 Maret 2021 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 340 2373669 kemunculan-buaya-2-meter-di-pantai-bikin-panik-wisatawan-yaTWHqZIPn.jpg Peringat kemuculan buaya di objek wisata (Foto : iNews)

AGAM - Kemunculan buaya sekira 2 meter di objek wisata Pantai Tiku di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, bikin heboh pengunjung. Beruntung buaya terlihat kelelahan dan tidak agresif pada manusia.

Penampakan buaya itu sempat terekam video salah satu pengunjung pantai yang panik saat melihatnya pada Sabtu 6 Maret 2021 sekira pukul 18.30 WIB. Buaya muara terlihat berenang pelan ke arah tempat pelelangan ikan (TPI) Pasia Tiku yang membuat warga dan wisatawan heboh.

Petugas BKSDA Agam yang mendapat laporan dari BPBD langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pemantauan. Hingga pukul 22.00 WIB, buaya sudah tidak terlihat lagi di sekitar lokasi.

Petugas mengimbau pengunjung untuk sementara menjauhi pantai dan laut. Buaya diduga hanya melintas karena tersesat keluar dari habitatnya.

Kepala BKSDA Resor Agam Ade Putra mengatakan, laporan warga buaya pertama kali muncul di Pantai Bandar Mutiara Banda Gadang, lalu melintas ke objek wisata Pantai Tiku. Terakhir tampak di sekitar lokasi TPI.

"satwa buaya atau crocodylus porosus muncul di beberapa titik lokasi objek wisata yang ada di Nagari Tiku Selatan. Berenang dan berhenti pada titik pantai berukuran kurang lebih 1,5 meter dan diduga hanya melintas dari habitatnya yang berjarak 7 kilometer di hutan bakau atau mangrove di Nagari Tiku Utara," ujar Ade, Minggu (7/3/2021).

Baca Juga : Viral Wanita Menggelandang, Tubuhnya Diraba Pria dan Disuruh Oral Seks

Baca Juga : Sakit Hati Hubungan Intim Dianggap Mainan, Jadi Motif Pembuhuan Selebgram

Dia mengimbau warga melalui aparat pemerintah setempat untuk tidak berenang dan beraktivitas baik di laut atau pun daerah pinggir pantai sampai identifikasi lapangan atau penanganan selesai dilaksanakan.

Diketahui, objek wisata Pantai Tiku merupakan lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Penampakan buaya ini merupakan yang pertama kali terjadi di lokasi tersebut. Untuk sementara waktu, pengunjung dan warga diimbau menjauhi pantai dan tidak beraktivitas di sekitar pantai dan laut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini