Raja Salman Pecat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Keturunan Indonesia

INews.id, · Sabtu 13 Maret 2021 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 13 18 2377155 raja-salman-pecat-menteri-haji-dan-umrah-arab-saudi-keturunan-indonesia-swJSngJdyf.jpg Muhammed Saleh bin Tahir Benten (foto: Dok Wikipedia)

RIYADH - Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Muhammad Saleh Benten dipecat Raja Salman, pencopotannya termaktub dalam keputusan Kerajaan Arab Saudi, yang disiarkan oleh kantor berita SPA, Jumat 12 Maret 2021.

Perlu diketahui, Muhammad Saleh Benten merupakan menteri yang berdarah Banten. Sejak dipercaya menjadi menteri oleh Raja Salman hampir lima tahun, sosok Benten menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, dia adalah salah satu putra keturunan Indonesia yang sukses berkiprah di dunia perpolitikan Arab Saudi.

Baca juga:  Alhamdulillah, Arab Saudi Bakal Buka Penerbangan Internasional Mulai 17 Mei

Sesuai namanya, Benten memiliki darah Banten dari ayahnya. Neneknya atau ibu dari ayahnya, adalah orang Banten.

Pemilik nama lengkap Muhammed Saleh Bin Tahir Benten (kadang juga dieja Mohammed Saleh Benten) itu, diangkat menjadi Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi sejak 9 Mei 2016. Sebelum itu, dia menjabat CEO Saudi Post atau (direktur utama Kantor Pos Arab Saudi).

Baca juga: Bioskop di Arab Saudi Beroperasi Lagi Setelah Pembatasan Covid-19 Dilonggarkan

Benten meraih gelar doktor di bidang teknik komputer dari Universitas Colorado Boulder di Amerika Serikat. Sementara, pendidikan sarjana dan S2 dia rampungkan di Universitas King Fahd, di bidang teknik elektro.

Pascapemecatan Benten, Menteri Negara Essam bin Said, diangkat sebagai penjabat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Sampai berita ini diunggah, belum ada penjelasan terperinci mengenai alasan di balik pemecatan Benten.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini