Kebakaran di SPBU Padam Usai 6 Mobil Damkar Tiba di Lokasi

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 19 Maret 2021 00:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 519 2380258 kebakaran-di-spbu-padam-usai-6-mobil-damkar-tiba-di-lokasi-vSuUCwd9Z2.jpg SPBU di Malang kebakaran (Foto : Okezone.com/Avirista)

MALANG - Petugas pemadam kebakaran mengerahkan 6 unit mobil untuk memadamkan api di SPBU Jalan Mayjen Sungkono, Buring, Kota Malang. Petugas pemadam kebakaran sendiri menerima laporan kebakaran sekitar pukul 21.00 WIB, Kamis malam (18/3/2021).

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang Teguh Budi Wibowo menjelaskan, ada 6 mobil kendaraan Damkar beserta 25 personel yang dikerahkan menuju lokasi kebakaran.

"Kami menerima laporan kurang lebih pukul 21.00 WIB, bahwa ada SPBU terbakar. Kami kerahkan 6 unit mobil dan 25 personel, sampai lokasi (kebakaran) 5 - 9 menit," ucap Teguh Budi.

Teguh menerangkan, dari kebakaran ini ada satu pompa bahan bakar di bagian tengah atau pompa nomor dua, yang ludes terbakar. Sedangkan saat kejadian dari laporan ada dua unit mobil yang berada di lokasi kejadian.

"Ada dua unit kendaraan roda empat, yang satu mikrolet dan yang satu mobil pick up membawa ikan ke pasar. Satu hangus terbakar, satu sisa bagian belakangnya saja. Pompa bensin yang terbakar satu unit di bagian tengah," katanya.

Menurutnya, petugas terlebih dahulu melakukannya isolasi sumber api agar tak menyebar kemana-mana, mengingat lokasi yang terbakar merupakan SPBU, dengan banyak bahan - bahan yang mudah terbakar.

"Tidak ada kendala (pemadaman), Tapi awalnya tiga mobil damkar yang datang, karena kekurangan suplai air. Maka kami kerahkan dua unit mobil Damkar," tuturnya.

Pihaknya menyebut kebakaran diduga akibat mobil yang terbakar sehingga menyambar mobil lain yang tengah antri mengisi bahan bakar dan pompa bahan pertalite. Namun pihaknya masih berkoordinasi dengan kepolisian yang juga telah datang melakukan identifikasi di lokasi kejadian.

Baca Juga: Satu Unit Mobil Terbakar di SPBU

"(Dugaan kebakaran berasal dari) mobil yang terbakar, mikrolet ngisi bensin lalu terbakar dan menyambar ke mobil pick up yang yang terbakar. Yang ikut antri. Untuk lebih jelas sumber api darimana, kami masih belum bisa mengatakan. Karena pihak Inafis (Polresta Malang Kota) masih mengidentifikasi," paparnya.

Dari pantauan di lapangan petugas Damkar berhasil menjinakkan api yang menghanguskan SPBU Buring sekitar pukul 21.30 WIB.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini