Bobol ATM di Bali dan Lombok, Bule Bulgaria Diringkus Polisi

Mohamad Chusna, Sindonews · Senin 29 Maret 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 244 2386083 bobol-atm-di-bali-dan-lombok-bule-bulgaria-diringkus-polisi-kpHohTWtVG.jpg Polda Bali menangkap WN Bulgaria karena melakukan kejahatan skimming (Foto: M Chusna)

DENPASAR - Polda Bali menangkap Ilias Danimil Saif (20), warga negara Bulgaria pelaku kejahatan skimming dan perusakan mesin ATM. Aksi pelaku dilakukan di Bali dan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ada empat TKP yang diakui tersangka, yaitu di Kuta Selatan, Kuta Utara, Buleleng dan Mataram, NTB," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro dalam jumpa pers, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: 10 Siasat agar Terhindar dari Kejahatan Siber, Kamu Pilih Cara Mana?

Kejahatan itu terungkap setelah pelaku beraksi di dua mesin ATM di Kuta Selatan. Aksi pertama di ATM minimarket Pepito Jalan Tanjung Benoa Kuta Selatan, 12 Maret 2021. 

Pelaku merusak cover PIN ATM dan card reader yang mengakibatkan mesin ATM mati. Ditemukan juga deb skimming di card reader.

Aksi kedua dilakukan 15 Maret 2021 bertepatan dengab Hari Raya Nyepi. Pelaku merusak kotak uang di mesin ATM dengan linggis dan mengambil uang Rp2,5 juta.

Aksi di kedua lokasi itu terekam CCTV hingga akhirnya pelaku ditangkap di guest house di Canggu, Kuta Utara. "Kerugian akibat rusaknya mesin ATM sebesar Rp85 juta," papar Djuhandani.

Baca Juga:  Waspada Skimming, Ini Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Pandemi

Dari hasil penyelidikan, pelaku merupakan residivis kasus serupa di negaranya. "Kita akan berkoordinasi dengan Polda NTB untuk mengembangkan kasus ini," imbuh dia.

Pelaku kini ditahan dan dikenakan Pasal 363 KUHP dan Pasal 406 KUHP. Juga Pasal 30 Ayat (1) junto Pasal 46 Ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini