Kebakaran Kilang Minyak Balongan Diduga Akibat Kebocoran Tangki

Fathnur Rohman, Okezone · Senin 29 Maret 2021 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 525 2386071 kebakaran-kilang-minyak-balongan-diduga-akibat-kebocoran-tangki-Hg3CwRfe6S.jpg Kebakaran kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Foto: Fathnur Rohman)

INDRAMAYU - Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, penyebab kebakaran di kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, diduga karena adanya rembesan atau kebocoran pada tangki.

"Kami mendengar informasi, ada rembesan atau bocoran di bagian tangki. Akan tetapi Ini informasi awal. Karena semalam ada petir dan macam-macam," ujar Dofiri kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Menurut Dofiri, petugas pemadam kebakaran dibantu dengan pihak PT Pertamina RU VI Balongan, tengah berupaya melakukan langkah awal agar api tidak meluas, dengan cara mengisolasi api.

Baca Juga:  Ketua DPD RI Minta Evaluasi Menyeluruh Terkait Kebakaran Kilang Minyak di Balongan

Tidak hanya itu, warga yang tinggal di dekat area PT Pertamina RU VI Balongan sudah dievakuasi ke tempat pengungsian. Jalan utama menuju Pertamina RU VI Balongan juga ditutup.

"Sudah kita lakukan lokalisir. Dibandingkan dengan semalam, kobaran api sekarang mulai berkurang," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dodi Dwi Endrayadi. Peristiwa kebakaran tangki kilang minyak ini diduga disebabkan oleh adanya kebocoran gas yang sudah terjadi sejak pukul 23.00 WIB. Bau gas menyengat itu tercium oleh warga yang kemudian melapor ke pihak Pertamina.

Baca Juga:  6 Kilang Minyak Pertamina yang Pernah Alami Kebakaran Hebat

Dia menambahkan, sebelum kebakaran sempat ada ledakan yang terjadi sebanyak tiga kali, dengan kekuatan pertama sedang dan seterusnya berkekuatan besar. "Kondisi saat ini kebakaran masih terjadi dan warga sekitar sudah diungsikan di tiga lokasi," ucap dia.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini