WHO Pertimbangkan Semua Hipotesis Asal-Usul Covid-19

Agregasi VOA, · Selasa 30 Maret 2021 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 18 2386245 who-pertimbangkan-semua-hipotesis-asal-usul-covid-19-vKVL5rlexi.jpg Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: Reuters)

JENEWA - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, meskipun ada bocoran laporan mengenai hasil penyelidikan yang disponsori badan tersebut terkait asal-usul penyebab virus Covid-19, namun semua teori tetap dibahas dan akan dipelajari lebih lanjut.

Kantor berita Associated Press pada Minggu (28/3) melaporkan draft salinan studi bersama WHO-China tentang asal-usul Covid-19 menyimpulkan bahwa "penularan virus dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain adalah skenario yang paling mungkin" menjadi penyebab munculnya virus, dan investigasi bersama menganggap kebocoran laboratorium dari virus ke publik "sangat tidak mungkin".

(Baca juga: Menlu Bertolak ke Jepang, Sepakati Kerjasama Penanganan Pandemi Covid-19)

Selama konferensi pers dari Jenewa, Ghebreyesus mengakui telah menerima laporan tersebut pada akhir pekan dan akan secara resmi dipresentasikan pada Selasa (30/3) oleh para pakar pada misi itu. Ghebreyesus menambahkan, Semua hipotesis dipertimbangkan dan menjamin studi lengkap dan lebih lanjut.

WHO mengirim tim internasional ke China awal tahun ini untuk menyelidiki asal-usul virus. Tetapi para pengecam studi itu mengatakan studi itu terbatas hanya pada apa yang diizinkan China disaksikan tim.

(Baca juga: Kapal Kontainer Raksasa yang Blokir Terusan Suez Berhasil Bergerak Kembali)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini