Studi CDC: Vaksin Pfizer dan Moderna Sangat Efektif Cegah Covid-19

Agregasi VOA, · Selasa 30 Maret 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 18 2386258 studi-cdc-vaksin-pfizer-dan-moderna-sangat-efektif-cegah-covid-19-arsYseRNMs.jpg Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky (Foto: AP)

AMERIKA SERIKAT -Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis studi terbaru pada Senin (29/3) yang menunjukkan vaksin mRNA yang diproduksi oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna sangat efektif dalam mencegah Covid-19 dalam kondisi-kondisi nyata.

Studi itu dilakukan di antara hampir 4.000 petugas kesehatan, petugas pertolongan pertama, dan pekerja penting lainnya di enam negara bagian antara 14 Desember dan 13 Maret. Hasilnya menunjukkan risiko infeksi berkurang 80 persen setelah satu dosis dan 90 persen setelah dua dosis.

Berbicara selama pengarahan tim tanggapan Covid-19 Gedung Putih, Direktur CDC Rochelle Walensky mengatakan penelitian tersebut menunjukkan kedua vaksin bisa efektif tidak hanya pada infeksi simtomatik tetapi juga infeksi tanpa gejala. Ia menyebutnya "sangat menggembirakan," dan mengatakan studi itu melengkapi studi terbaru lainnya di New England Journal of Medicine dan di tempat lainnya.

(Baca juga: WHO Pertimbangkan Semua Hipotesis Asal-Usul Covid-19)

Tetapi Walensky mengatakan kabar baik terhalang oleh jumlah virus terakhir di seluruh Amerika Serikat (AS). Dia mengatakan rata-rata harian untuk infeksi naik sepuluh persen selama seminggu terakhir, menjadi hampir 70.000 per hari. Rawat inap meningkat lebih dari empat persen dan kematian hampir tiga persen.

Pimpinan CDC itu mengatakan kondisi AS serupa dengan Eropa beberapa minggu yang lalu. Eropa sekarang mengalami gelombang infeksi baru.

Dia mengeluarkan peringatan menakutkan mengenai "kemungkinan malapetaka " di AS di tengah peningkatan infeksi virus corona dan rawat inap. Dia mendesak warga agar bersabar dan terus mempraktikkan jarak sosial serta langkah-langkah keamanan lainnya.

(Baca juga: Menlu Bertolak ke Jepang, Sepakati Kerjasama Penanganan Pandemi Covid-19)

Walensky mengatakan upaya vaksinasi nasional berhasil. Hingga Minggu, lebih dari 93 juta orang telah mendapat sekurangnya satu dosis vaksin dan lebih dari 51 juta orang telah divaksinasi penuh di as.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini