Tengkorak Dinosaurus Bernama "Yang Menakutkan" Ditemukan

Agregasi BBC Indonesia, · Kamis 01 April 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 18 2387793 tengkorak-dinosaurus-bernama-yang-menakutkan-ditemukan-g4EuIE0pwm.jpg Ilustrasi Dinosaurus Llukalkan aliocranianus (Foto: Reuters)

ARGENTINA - Ilmuwan di Argentina selatan menemukan tengkorak dinosaurus pemakan daging berukuran besar bernama "dia yang menakutkan" dalam bahasa lokal Mapuche.

Dinosaurus bertanduk Llukalkan aliocranianus memiliki panjang tubuh sekitar 5 meter dan berkeliaran di Amerika Selatan 85 juta tahun yang lalu.

Para peneliti menemukan sisa-sisa tubuh dinosaurus karnivora lain di dekatnya, sesuatu yang menurut mereka sangat tidak biasa.

Temuan dari Patagonia ini dipublikasikan pada Selasa (27/3). Seperti Tyrannosaurus rex, dinosaurus Llukalkan ini berkaki dua dengan lengan yang sangat pendek, ukurannya sedang dibandingkan dengan T. rex yang berukuran raksasa.

Hewan purbakala ini juga memiliki tanduk pendek dan jari-jari kecil. Beratnya diperkirakan antara satu hingga lima ton, sedikit lebih ringan dari gajah Afrika dewasa.

(Baca juga: Suara dan Video Trump Dilarang di Facebook)

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Vertebrate Paleontology, hewan ini mungkin predator yang menakutkan, dengan tengkorak besar dan gigitan yang kuat.

Ahli paleontologi di Universitas Nasional San Luis Argentina, Federico Gianechini, mengatakan kepada kantor berita Reuters, penemuan tersebut menunjukkan dinosaurus ini punya pendengaran yang lebih baik daripada dinosaurus lain dalam keluarga abelisaurid, yang kemungkinan besar membuatnya menjadi pemburu yang lebih baik.

Hewan ini hidup di bumi selama periode Cretaceous, era terakhir sebelum dinosaurus punah.

Di dekat tengkorak Llukalkhan, ilmuwan menemukan sisa-sisa fosil dinosaurus pemakan daging berukuran sedikit lebih besar yang disebut Viavenator exxoni.

(Baca juga: Diserang Virus Misterius, Beruang Jadi Sangat Ramah terhadap Manusia)

Gianechini mengatakan penemuan dua abelisaurid yang tinggal berdekatan pada waktu yang sama sangat tidak biasa.

"Llukalkan sedikit lebih kecil dari Viavenator, meskipun, jika mereka hidup bersama, mereka pasti berbagi relung ekologi yang sama dan memakan mangsa yang sama, jadi mereka akan bersaing satu sama lain dan bahkan saling makan - mengapa tidak," terangnya.

Beberapa fosil dinosaurus penting telah ditemukan di Argentina dalam beberapa dekade terakhir.

Pada 2014, fosil dinosaurus yang beratnya hampir sama dengan 14 gajah ditemukan. Fosil ini dianggap sebagai dinosaurus yang terbesar yang pernah ditemukan.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini