Marak Penyimpangan Senpi, Begini Cara Polisi Lacak Penjualan Via Online

Taufik Budi, Okezone · Selasa 06 April 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 512 2390356 marak-penyimpangan-senpi-begini-cara-polisi-lacak-penjualan-via-online-k34GR7vPKC.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

SEMARANG - Polda Jawa Tengah (Jateng) meningkatkan pengawasan terhadap kepemilikan senjata api (senpi) yang beredar di masyarakat. Terlebih, akhir-akhir ini ditemukan penyalahgunaan senpi sehingga meresahkan.

Dirintelkam Polda Jateng, Kombes Pol Djati Wiyoto, mengatakan, peningkatan pengawasan di antaranya dengan meluncurkan aplikasi senpi online. Aplikasi ini sebagai respons terkait tren kenaikan penyalahgunaan senjata api yang ada dipegang oleh masyarakat.

Menurutnya, terdapat tiga golongan senpi. Di antaranya senpi untuk bela diri, senpi untuk olahraga, dan instansi terkait pengguna senjata api.

Aplikasi Senpi Online ini bisa diunduh melalui Playstore. Dalam aplikasi tersebut, terdapat nama pemilik senpi, nomor registrasi, alamat pemilik, dan masa berlaku surat izin penggunaan senpi tersebut.

"Nah ini kalau surat izin sudah hampir habis, kita bisa memberi peringatan melalui notifikasi atau pesan pada pemilik senjata api bahwa surat izin yang bersangkutan satu bulan ke depan sudah habis dan harus diurus perpanjangan surat izin itu," ujar Wiyoto, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga : Kapolri Cabut Telegram Larangan Media Liput Arogansi Aparat

Saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) untuk sosialisasi aplikasi tersebut. Seluruh masyarakat penguna senjata api di luar TNI-Polri agar mengunduh aplikasi itu supaya bisa diawasi penggunaanya.

"Kaitan masalah izin senpi ini sering terlupakan. Padahal kalau izin sudah habis itu pelanggaran," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini