Bandung Diterpa Hujan Es dan Angin Kencang, Ini Penjelasan BMKG

Arif Budianto, Koran SI · Senin 12 April 2021 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 525 2393156 bandung-diterpa-hujan-es-dan-angin-kencang-ini-penjelasan-bmkg-algOpUKsgn.JPG Dampak cuaca buruk di Bandung (Foto: MPI/Arif)

BANDUNG - Cuaca ekstrem terjadi di Kota Bandung pada Minggu, (11/4/2021) siang. Menyebabkan terjadinya hujan cukup deras, disertai angin kencang dan hujan es. Kendati belum ada laporan korban jiwa, namun cuaca ekstrem tersebut telah menyebabkan sejumlah atap rumah rusak dan pohon tumbang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, kondisi cuaca ekstrem diperkirakan bakal terus terjadi dalam beberapa hari kedepan. Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu mengatakan, cuaca ekstrem terjadi seiring dengan kondisi angin akibat siklon tropis seroja dan odette yang pengaruhnya mulai melemah.

"Sehingga potensi hujan kembali terjadi. Makanya perlu diwaspadai terhadap potensi cuaca ekstrem selama periode transisi atau pancaroba ini," jelas Teguh Rahayu kepada MPI, Senin (12/4/2021).

Menurut dia, beberapa kejadian yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem adalah hujan lebat, hujan es disertai petir atau kilat dan angin kencang atau angin puting beliung. Angin puting beliung mesti diwaspadai karena dapat menerbangkan benda padat, seperti atap rumah dan pohon.

Dilihat dari faktor kelembabannya, kata dia, kondisi yang masih cenderung basah ini sehingga berpotensi terhadap pembentukan awan awan hujan, proses konveksi yang kuat. Sehingga dapat menyebabkan terbentuknya awan cumulonimbus mencapai ketinggian di atas 10 km di atas permukaan laut. Hal ini yang menyebabkan terjadinya hujan es.

"Perlu ditingkatkan kewaspadaan, karena prediksi akan angin melemah dalam 2-3 hari, sehingga potensi hujan akan kembali terjadi," imbuh dia.

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini