Gunakan Senpi Rakitan saat Beraksi, Residivis Curanmor Ditangkap

Tritus Julan, Koran SI · Selasa 13 April 2021 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 519 2394070 gunakan-senpi-rakitan-saat-beraksi-residivis-curanmor-ditangkap-iZ0ySf0dk3.jpg Residivis curanmor ditangkap. (Foto : iNews/Tritus Julan)

MOJOKERTO - Seorang residivis pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) asal Pasuruan diringkus petugas Satreskrim Polres Kota (Polresta) Mojokerto. Sebuah senjata api (senpi) rakitan juga diamankan dalam penangkapan ini.

Pelaku adalah Salatin (40), pria asal Dusun Dukuh, Desa Sumberrejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Ia dibekuk petugas usai melakukan pencurian di wilayah Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto pada 9 Maret 2021 silam.

"Pelaku ditangkap petugas di Jalan Desa Trewung, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Dari tersangka juga kita amankan sebuah senpi rakitan berisi peluru," kata Kapolresta Mojokerto, AKBP Deddy Supriadi, Selasa (13/4/2021).

Ada tiga peluru tajam dalam senpi rakitan tersebut. Selain itu, petugas mengamankan kunci T beserta 3 anak kunci, obeng, dompet. Kemudian satu unit sepeda motor Honda Vario dengan nomor polisi N 3820 TW.

"Untuk senpi rakitan yang diamankan sudah dicek di laboratorium forensik, pistol dinyatakan aktif, bisa untuk menembak," kata Kapolresta.

Dari hasil pemeriksaan rupanya senjata itu memang sengaja disiapkan pelaku saat hendak merampas sepeda motor. Kapolres juga menegaskan jika pelaku merupakan seorang residivis kasus perampasan motor di Pasuruan tahun 2017.

Baca Juga : Dapat Bantuan Motor, Tangis Kakek Penjual Es Krim Korban Curanmor Tak Terbendung

"Saat itu, korbannya merupakan seorang anggota Polwan. Kendaraan korban dirampas paksa oleh pelaku dengan menodongkan senjata, kemudian pelaku kabur," jelasnya.

Akibat perbuatannya, Salatin disangka dengan pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Hukuman 20 tahun penjara sudah menantinya. Sementara itu, Salatin mengatakan pistol rakitan itu dia temukan di kebun belakang rumah tetangganya, di Kelurahan Sumberrejo, Kabupaten Pasuruan pada 2016.

Baca Juga : Wajah Maling Motor di Ciracas Terekam CCTV, Warganet: Selamat Lebaran di Penjara!

"Senpi tersebut dia temukan terbungkus plastik lengkap dengan amunisinya. Saat itu ada tetangga kemalingan sapi, saya bantu mencari, lalu ada senpi dan pelurunya dibungkus plastik," kata Salatin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini