Khofifah Minta Identifikasi Rumah Rusak Akibat Gempa Malang Tuntas dalam Sepekan

Lukman Hakim, Koran SI · Kamis 15 April 2021 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 519 2394951 khofifah-minta-identifikasi-rumah-rusak-akibat-gempa-malang-tuntas-dalam-sepekan-ebSEf0QGqF.jpg Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Okezone)

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta proses identifikasi, pendataan, dan validasi rumah rusak akibat gempa pada Sabtu (10/4/2021) tuntas dalam waktu sepekan.

"Saya minta agar proses identifikasi dan validasi ini segera disebarluaskan dan diumumkan kepada masyarakat. Baik melalui pengumuman yang ditempel di Balai Desa, sampai dengan RT/RW. Hal ini dilakukan supaya masyarakat yang rumahnya terdampak gempa dapat melakukan konfirmasi dan mengecek langsung rumahnya masuk dalam kategori berat, sedang, atau ringan," kata Khofifah, Kamis (15/4/2021).

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengkomunikasikan dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo bahwa, pemerintah pusat akan memberi stimulan untuk rumah yang kategori rusak berat sebesar Rp50 juta di luar ongkos pengerjaannya. Kemudian rusak sedang Rp24 juta, dan rusak ringan Rp10 juta.

"Jadi selama proses menunggu ini, kami minta proses identifikasi dan validasi ini selesai dalam waktu sepekan untuk selanjutnya kita sampaikan ke BNPB data-datanya,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam penanganan dampak gempa ini, Pemprov Jatim berkoordinasi dan sinergi terus dilakukan berbagai pihak untuk mempercepat penanganan termasuk recovery dan rekonstruksi. Sinergi berbagai pihak ini diantaranya dukungan dari TNI Polri.

“Kami bersama Pak Pangdam V Brawijaya dan Pak Kapolda Jatim telah berkoordinasi. Dimana nanti aparat TNI dan Polri akan dimaksimalkan untuk membantu percepatan pelaksanaan pembangunan bagi rumah yang rusak berat,” katanya.

Mantan Menteri Sosial (Mensos) ini juga berterimakasih kepada para relawan yang turun langsung ikut membantu korban gempa. Salah satunya terlihat di Posko Dukungan Layanan Psikososial, dimana para relawan melakukan trauma healing atau trauma konseling kepada para korban terutama anak-anak.

"Trauma healing atau trauma konseling itu menjadi penting terutama bagi anak-anak agar tidak merasa trauma akibat bencana gempa kemarin," pungkas Khofifah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini