Ratu Elizabeth Peringati Ulang Tahun Ke-95, Beberapa Hari Setelah Meninggalnya Pangeran Philip

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 21 April 2021 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 18 2398271 ratu-elizabeth-peringati-ulang-tahun-ke-95-beberapa-hari-setelah-meninggalnya-pangeran-philip-vnyKo9g0iT.jpg Ratu Inggris Elizabeth II. (Foto: Reuters)

LONDON - Ratu Inggris, Elizabeth, monarki tertua di dunia, berulang tahun ke-95 pada Rabu (21/4/2021). Namun, tidak akan ada perayaan publik dari acara, yang datang hanya beberapa hari setelah Sang Ratu mengucapkan selamat tinggal kepada suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal dunia.

Pangeran Philip, yang dinikahi Elizabeth pada 1947, meninggal pada 9 April di usia 99 tahun. Para bangsawan memberikan penghormatan terakhir mereka kepada patriark keluarga pada pemakamannya pada Sabtu (17/4/2021) di Kastil Windsor.

BACA JUGA: Senja Kala Kekuasaan Ratu Inggris Usai Wafatnya Pangeran Philip

Untuk ulang tahunnya kali ini, Ratu Elizabeth akan berada di kasti. Secara tradisional ulang tahun Sang Ratu dilewatkan dengan sedikit atau tanpa upacara.

Tahun ini, dengan para bangsawan menandai dua minggu berkabung, ulang tahun akan berlalu dengan pertunjukan publik yang lebih sedikit. Tidak akan ada penghormatan senjata di Menara London atau Taman Hyde, London, yang biasanya terjadi pada hari ulang tahun ratu.

Ratu juga memiliki hari ulang tahun resmi, yang biasanya dirayakan dengan kemegahan yang lebih besar pada Sabtu kedua di bulan Juni, demikian diwartakan Reuters.

BACA JUGA: Pemakaman Pangeran Philip Sedot Perhatian 13 Juta Penonton

Kematian Philip telah membuat Elizabeth kehilangan orang terdekat dan paling tepercaya, yang telah berada di sampingnya selama 69 tahun pemerintahannya.

Itu juga datang tepat ketika dia bergulat dengan salah satu krisis paling parah yang menimpa keluarga kerajaan dalam beberapa dekade, tuduhan rasisme dan pengabaian oleh cucunya Pangeran Harry dan Meghan, istrinya yang seorang warga Amerika.

Surat kabar telah menyarankan bahwa anggota keluarga akan mengunjungi ratu selama beberapa hari mendatang untuk memastikan dia tidak akan ditinggalkan sendirian saat berduka atas almarhum suaminya. Seorang juru bicara Istana Buckingham menolak berkomentar, mengatakan semua urusan keluarga setelah pemakaman akan bersifat pribadi.

Elizabeth, yang lahir pada 21 April 1926, di Bruton Street, pusat kota London, tumbuh besar tanpa menyangka akan menjadi ratu. Ayahnya, George VI, hanya mengambil mahkota ketika kakak laki-lakinya Edward VIII turun tahta pada tahun 1936 untuk menikahi janda Amerika, Wallis Simpson.

Dia naik tahta pada 1952 di usia 25 tahun, dan pada September 2015 melampaui nenek buyutnya Ratu Victoria sebagai monarki terlama yang memerintah Inggris.

Elizabeth juga merupakan ratu dari 15 bekas jajahan Inggris termasuk Kanada, Australia dan Selandia Baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini