Rel Kereta Ambruk Tewaskan 24 Orang, Meksiko Janji Hukum yang Bertanggung Jawab

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 05 Mei 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 18 2405844 rel-kereta-ambruk-tewaskan-24-orang-meksiko-janji-hukum-yang-bertanggung-jawab-rEQB6xIsWd.jpg Pemandangan lokasi ambruknya rel layang dan jatuhnya kereta di Mexico City, Meksiko, 4 Mei 2021. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY – Pemerintah Meksiko pada Selasa (4/5/2021) berjanji akan menghukum mereka yang bertanggung jawab atas runtuhnya rel layang yang menyebabkan sebuah kereta di jalur metro terbaru Mexico City jatuh ke jalan yang sibuk di bawahnya. Insiden itu menewaskan setidaknya 24 orang dan melukai puluhan lainnya.

Didampingi oleh pejabat yang terlibat dalam pembangunan dan pemeliharaan jalur metro layang yang runtuh pada Senin (3/5/2021) malam, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan penyelidikan harus dilakukan dengan cepat dan tidak ada yang boleh disembunyikan dari publik.

BACA JUGA: Rel Kereta Ambruk Tewaskan 13 Orang, Luka 70 Lainnya

"Tidak ada impunitas bagi siapa pun," katanya dalam konferensi pers sebagaimana dilansir Reuters. Kota ini telah diperintah sejak pergantian abad oleh mantan walikota Lopez Obrador dan sekutunya.

Petugas pemadam kebakaran menggunakan rantai berat untuk menstabilkan lokasi menarik mayat dan korban dari reruntuhan sebelum menurunkan satu gerbong yang menggantung ke sebuah truk di sore hari. Pihak berwenang mengatakan bahwa sekira 79 orang terluka, termasuk tiga anak

BACA JUGA: Korban Tewas Rel Kereta Ambruk di Meksiko Bertambah Jadi 20 Orang.

Jalan layang yang runtuh adalah bagian dari Linea 12, tambahan jaringan yang selesai kurang dari satu dekade lalu dan lama diganggu oleh tuduhan korupsi dan kelemahan struktural. Pada 2014, hanya dua tahun setelah dibuka, beberapa stasiun jalur ditutup untuk perbaikan struktural.

Kecelakaan itu telah menimbulkan pertanyaan yang lebih luas tentang keselamatan di salah satu sistem metro tersibuk di dunia, yang membawa jutaan orang setiap hari melintasi kawasan perkotaan ibu kota.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini