Ribuan Pemudik di Jalur Pantura Cirebon Diputarbalikkan

Fathnur Rohman, Okezone · Senin 10 Mei 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 525 2408198 ribuan-pemudik-di-jalur-pantura-cirebon-diputarbalikkan-ceNZGQTVIC.jpg Ribuan pemudik diputarbalikkan dari jalur pantura Cirebon, Senin (10/5/2021) dini hari. (Foto : Fathnur Rohman)

CIREBON - Ribuan pemudik dari arah Jakarta terjaring penyekatan saat melintas di Jalan Pantura, Weru, Cirebon, Jawa Barat, pada Senin (10/5/2021) dini hari. Petugas gabungan langsung memutarbalikkan para pemudik tersebut kembali ke arah Jakarta.

Kapolresta Cirebon, Kombes M Syahduddi menyampaikan, hingga dini hari jumlah kendaraan yang berhasil diputar balik mencapai 3.200 kendaraan. Dari angka ini, kendaraan roda dua mendominasi arus lalu lintas di Jalan Pantura Cirebon.

"Di Pos Penyekatan Weru, dari jam 22.30 sampai saat ini sudah ada 3 ribu kendaraan roda dua yang kita kembalikan ke arah Indramayu (Jakarta). Kemudian roda empat ada 200 kendaraan," ujar Syahduddi kepada wartawan di Pos Penyekatan Weru, Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/5/2021) dini hari.

Menurut Syahduddi, lonjakan volume kendaraan khususnya roda dua dari arah Jakarta sudah terjadi sejak Minggu, 9 Mei 2021 malam. Hal ini, kata dia, menjadi indikasi masyarakat yang melakukan aktivitas mudik masih cukup tinggi.

Baca Juga : Penampakan Pemudik Motor yang Menyemut di Karawang

Untuk mengantisipasi jumlah kendaraan yang meningkat, pihaknya sudah melakukan penyekatan di dua lokasi yakni di daerah Weru dan Losari. Tak hanya itu, jalur-jalur tikus yang terindikasi akan dilalui pemudik bakal dijaga ketat petugas.

"Ini membuktikan menjelang hari raya Idul Fitri, aktivitas masyarakat yang ingin mudik masih cukup tinggi. Kita antisipasi dengan pengamanan dan penyekatan 24 jam," ujar Syahduddi.

"Ada 150 personel gabungan yang bertugas. Bisa kita lihat, sampai dengan saat ini belum ada upaya pengendara yang ingin menerobos," tuturnya.

Selain menyiagakan sejumlah personel, pihaknya telah mengubah pola penyekatan di Jalan Pantura, Cirebon. Hal ini dilakukan karena banyak rombongan pemudik yang berhasil lolos dari penyekatan di beberapa daerah, khususnya sebelum masuk wilayah Cirebon.

"Kita mengacu seperti yang di Bekasi dan Karawang, di mana jumlah personel yang melakukan penyekatan tak sebanding. Sampai dengan saat ini cukup efektif," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini