Tarik Minat Warga, Rumania Jadikan Kastel Drakula Pusat Vaksinasi Covid-19

Agregasi BBC Indonesia, · Rabu 12 Mei 2021 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 18 2409446 tarik-minat-warga-rumania-jadikan-kastel-drakula-pusat-vaksinasi-covid-19-SRQaFNAHBd.jpg Foto: Wikipedia.

MITOS legendaris drakula selama ini dikenal sebagai makhluk maut penghisap darah. Namun, di tengah pandemi covid di Rumania, suatu bangunan kuno yang dikenal dengan "kastel drakula" kini dipandang jadi tempat penyelamat manusia dari virus mematikan itu.

Ini terlihat sejak kastel itu menawarkan vaksin Covid-19 bagi pengunjung lewat suntikan, ketimbang dengan taring drakula, setelah didirikan pusat vaksinasi di kompleks bangunan yang berlokasi di daerah Transylvania itu.

BACA JUGA: Beruang Terbesar Eropa Ditembak Mati, Pangeran Liechtenstein Jadi Tersangka

Para tenaga kesehatan yang memasang stiker taring di baju medis mereka siap menyuntik dengan vaksin Pfizer bagi pengunjung yang belum divaksin saat menyambangi istana abad ke-14 bernama asli Kastel Bran di Romania bagian tengah tersebut.

Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Rumania agar lebih banyak lagi warga yang mau divaksin.

Banyak orang yang yakin bahwa kastel itu menginspirasi rumah sang pangeran vampir yang diceritakan dalam novel terkenal karya Bram Stoker, Dracula.

Rumania telah mencatat lebih dari satu juta penularan sejak dimulainya pandemi, dan tingkat kematian kini mendekati angka 29.000 jiwa.

BACA JUGA: Sudah Tidak Digaji, Perempuan Ini Diminta Mengundurkan Diri karena Dianggap Terlalu Cantik

Pemerintah menargetkan 10 juta warga sudah divaksin pada September mendatang.

Namun, hampir separuh rakyat Rumania mengaku tidak mau disuntik. Ini yang menjadikan negara itu memiliki tingkat keengganan divaksin yang tertinggi di Eropa, ungkap survei dari Globesec.

Pengelola Kastel Bran berharap inisiatif yang unik ini bisa menggenjot jumlah vaksinasi covid di Romania.

Setiap akhir pekan selama bulan Mei ini, semua orang bisa datang tanpa harus daftar dulu untuk divaksin.

Bila sudah disuntik, warga yang bersangkutan dapat tiket gratis ke ruang pameran di kastel, yang menampilkan 52 alat penyiksaan di masa lalu.

"Ini...untuk menunjukkan bagaimana orang-orang disuntik 500-600 tahun yang lalu di Eropa," kata Direktur Pemasaran Kastel Bran, Alexandru Priscu, kepada kantor berita Reuters.

Juga ada harapan bahwa program ini akan membawa lebih banyak pengunjung ke kastel yang terletak di pegunungan Carpathian itu, yang tingkat kunjungannya menurun drastis sejak pandemi.

Kastel itu tampak sangat mencolok di tengah kawasan hutan di lereng pegunungan Carpathian, yang berjarak 170 km dari sebelah utara Ibu Kota Bucharest.

Bangunan itu jadi sumber inspirasi bagi rumah makhluk vampir Count Dracula dalam novel karya Bram Stoker karena pernah dihuni oleh bangsawan bernama Pangeran Vlad III "Sang Penusuk".

Berjuluk demikian karena, menurut legenda, dia dikenal sadis dalam melakukan penyiksaan dan pembunuhan atas musuh-musuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini