Bicara dengan PM Israel, Biden Inginkan Gencatan Senjata Konflik Gaza

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 20 Mei 2021 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 18 2412700 bicara-dengan-pm-israel-biden-inginkan-gencatan-senjata-konflik-gaza-GDRSuBa3as.jpg Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (19/5/2021) mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa dia mengharapkan "penurunan yang signifikan" dalam konflik Gaza. Gedung Putih menyatakan bahwa Biden menginginkan "jalan menuju gencatan senjata".

"Presiden menyampaikan kepada perdana menteri bahwa dia mengharapkan penurunan yang signifikan hari ini di jalan menuju gencatan senjata," demikian pernyataan dari Gedung Putih sebagaimana dilansir BBC.

BACA JUGA: Berpakaian Putih, Aktivis Perempuan Yerusalem Serukan Perdamaian

AS adalah sekutu setia Israel dan sejauh ini menentang pernyataan bersama Dewan Keamanan PBB tentang konflik tersebut.

Sebagai tanggapan, Netanyahu mengatakan dia "bertekad untuk melanjutkan" sampai "ketenangan dan keamanan kembali ke warga Israel", menurut media Israel.

Konflik antara Israel dan Hamas sudah memasuki hari ke-10, dengan tembak-menembak roket dari militan Palestina ke Israel dan serangan udara Israel di Gaza terus berlangsung.

Pada Rabu, empat roket juga ditembakkan dari Lebanon ke Israel dan militer Israel menanggapinya dengan menembakkan peluru artileri ke "sejumlah sasaran di wilayah Lebanon". Tidak segera jelas apakah ini akan menjadi eskalasi yang signifikan.

BACA JUGA: Pemerintah AS Setujui Penjualan Rudal Pintar Senilai Rp5,3 Triliun ke Israel

Pertempuran Gaza dimulai setelah berminggu-minggu meningkatnya ketegangan Israel-Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki yang memuncak dengan bentrokan di situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi. Hamas, yang mengontrol Gaza, mulai menembakkan roket setelah memperingatkan Israel untuk menarik diri dari situs tersebut, memicu serangan udara balasan.

Setidaknya 227 orang, termasuk lebih dari 100 wanita dan anak-anak, telah tewas di Gaza sejauh ini, menurut kementerian kesehatan. Israel mengatakan setidaknya 150 militan termasuk di antara mereka yang tewas di Gaza. Hamas tidak memberikan angka korban jiwa bagi para pejuang.

Di Israel 12 orang, termasuk dua anak, telah tewas, kata layanan medisnya. Israel mengatakan sekitar 4.000 roket telah ditembakkan ke wilayahnya oleh militan di Gaza.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini