Share

Pemimpin Iran Desak Negara Muslim Dukung Militer dan Keuangan Palestina

Susi Susanti, Koran SI · Sabtu 22 Mei 2021 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 18 2413879 pemimpin-iran-desak-negara-muslim-dukung-militer-dan-keuangan-palestina-BAws3EhaAm.jpg Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei (Foto: Reuters)

IRAN - PemimpinTertinggi Iran Ali Hosseini Khamenei mendesak negara-negara Muslim untuk mendukung Palestina secara militer dan finansial

Media Iran melaporkan Khamenei telah meminta negara-negara Muslim untuk mendukung Palestina secara militer dan finansial serta membantu membangun kembali Gaza,

“Negara Muslim harus dengan tulus mendukung rakyat Palestina, melalui militer… atau dukungan keuangan… atau dalam membangun kembali infrastruktur Gaza,” kata Khamenei dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media.

Dia mendesak umat Islam untuk menuntut pemerintah mereka mendukung Palestina.

Seperti diketahui, pertempuran antara Israel dan militan Palestina di Gaza dimulai pada 10 Mei setelah berminggu-minggu meningkatnya ketegangan Israel-Palestina yang memuncak dalam bentrokan di al-Aqsa, sebuah situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi.

Hamas, kelompok militan Palestina yang menguasai Gaza, mulai menembakkan roket setelah memperingatkan Israel untuk menarik diri dari situs tersebut, memicu serangan udara balasan.

(Baca juga: Lawan Politik Netanyahu Pertanyakan Motif Penyerangan Israel ke Gaza)

Menurut kementerian kesehatan Gaza, setidaknya 248 orang, termasuk lebih dari 100 wanita dan anak-anak, tewas. Israel mengatakan pihaknya menewaskan sedikitnya 225 militan selama pertempuran itu. Hamas belum memberikan angka korban bagi para pejuang.

Di Israel 13 orang, termasuk dua anak dan seorang tentara Israel, tewas, kata layanan medisnya.

Gencatan senjata sempat terjadi pada Jumat (21/5), namun kemudian dinodai oleh Israel yang kembali melakukan serangan.

(Baca juga: Raja Salman Telepon Presiden Palestina, Kutuk Agresi Israel)

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini