Komite Internasional Palang Merah Perkirakan Ratusan Bahan Peledak yang Belum Meledak Berserakan di Gaza

Susi Susanti, Koran SI · Sabtu 22 Mei 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 18 2413909 komite-internasional-palang-merah-perkirakan-ratusan-bahan-peledak-yang-belum-meledak-berserakan-di-gaza-j5zKrgnbMj.jpg Konflik Israel dan Palestina kembali pecah usai gencatan senjata (Foto: Reuters)

GAZA - Fabrizio Carboni, direktur regional untuk Timur Dekat dan Tengah di Komite Internasional Palang Merah (ICRC), memperkirakan ada "beberapa ratus" bahan peledak yang belum meledak berserakan di Gaza dan mengatakan pasokan medis adalah kebutuhan yang mendesak.

Matthias Schmale, direktur Gaza untuk UNRWA, badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina mengatakan bantuan dan persediaan dapat dibawa melalui titik penyeberangan Karem Abu Salem (Kerem Shalom dalam bahasa Ibrani) ke Gaza .

Berbicara melalui video dari Kota Gaza, dia mencatat bahwa laboratorium pusat yang melakukan pengujian Covid-19 telah "disfungsional oleh ledakan bom besar-besaran".

Dia mengatakan gencatan senjata terasa "rapuh". Dia juga menyesali “biaya perang” kedua negara yang menyangkut korban nyawa.

(Baca juga: Turki: Sikap Tidak Tulus dan Munafik Israel Terus Berlanjut, Organisasi Yahudi Protes Kekerasan di Gaza)

“Biaya yang tak tertahankan dan tidak dapat diterima yang ditimbulkannya bagi penduduk sipil. Dan saya tahu itu juga berlaku untuk orang-orang di Israel,” terangnya.

Seperti diketahui, pertempuran antara Israel dan militan Palestina di Gaza dimulai pada 10 Mei setelah berminggu-minggu meningkatnya ketegangan Israel-Palestina yang memuncak dalam bentrokan di al-Aqsa, sebuah situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi.

Keduanya sempat melakukan gencatan senjata pada Jumat (21/5), namun kemudian dinodai dengan serangan yang dilakukan Israel.

(Baca juga: PBB Desak Israel-Palestina Menahan Diri, Hormati Ketenangan di Kompleks Masjid Al-Aqsa)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini