Tembak Mati DPO di Solok, Oknum Polisi Segera Disidang

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 27 Mei 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 340 2416125 tembak-mati-dpo-di-solok-oknum-polisi-segera-disidang-HuK4R3z9iX.jpg Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu. (Foto : Okezone)

JAKARTA - Berkas penyidikan oknum polisi Brigadir KR yang diduga menembak mati terhadap tersangka atau DPO berinisial D dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Brigadir KR pun akan segera disidang.

"Kasusnya itu berkasnya sudah P-21. Jadi berkasnya sudah diterima Kejaksaan. Kami sudah menerima informasi bahwa yang bersangkutan sudah P-21 itu hari Senin kemarin," kata Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Stefanus Satake Bayu saat dihubungi, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Satake menjelaskan, pihaknya bakal melimpahkan tahap II atau penyerahan barang bukti dan tersangka kepada pihak Kejaksaan dalam waktu dekat.

"Ini akan diserahkan secepatnya ya. Minggu inilah akan kami serahkan ke Kejaksaan," ujar Satake.

Terkait dengan sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri (KKEP) untuk menentukan status keanggotan kepolisian Brigadir KR, Satake menyebut, pihaknya menunggu hasil proses meja hijau tersebut.

"Menunggu ada hasil dari putusan sidang. Walaupun berkas sambil jalan sudah dibuat," ucap Satake.

Atas perbuatannya, Brigadir KR disangka melanggar Pasal 351 ayat (3) KUHP tentang penganiayaan yang menyebabkan kematian.

Kasus di Polsek Sungai Pagu bermula dari penangkapan tersangka D, buronan kasus penjudian yang juga diduga sering memalak warga. Saat ditangkap tersangka D melakukan perlawanan, dengan cara menyerang petugas dengan sebilah senjata tajam.

Salah seorang polisi berhasil ditusuknya hingga bagian tangan dan bagian tubuh lainnya luka luka. Lantaran membahayakan petugas, polisi melepaskan tembakan ke arah pelaku guna melumpuhkannya.

Baca Juga : Dijadikan Tersangka, Oknum Polisi yang Tembak Mati DPO di Solok Ditahan

Tembakan mengenai bagian kepala pelaku. Akhirnya, Pelaku dinyatakan meninggal dunia di RSUD Solok Selatan.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini