Disatroni Kelelawar, Pesawat Tujuan AS Terpaksa Balik ke New Delhi

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 02 Juni 2021 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 18 2419010 disatroni-kelelawar-pesawat-tujuan-as-terpaksa-balik-ke-new-delhi-3VpxzeBVDC.jpg Foto: Reuters.

NEW DELHI - Seekor kelelawar yang terbang di dalam kabin memaksa pesawat Air India tujuan Amerika Serikat (AS) untuk berbalik dan kembali ke Delhi.

Video menunjukkan hewan bersayap itu terbang di atas kepala para penumpang membuat mereka dan awak pesawat Boeing 777 terkejut. Insiden itu dilaporkan terjadi sekira 30 menit setelah pesawat tersebut lepas landas pada Jumat (29/5/2021) pekan lalu.

BACA JUGA: Cabul saat Terbang, Pilot Ini Kena Denda Puluhan Juta Rupiah

Dilaporkan Business Today, kapten pesawat memutuskan untuk memutar pesawat kembali ke Delhi setelah melaporkan gangguan kelelawar itu.

Pejabat Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil (DGCA) mengatakan kepada kantor berita ANI bahwa pesawat - AI-105 DEL-EWR - kembali ke Delhi setelah lepas landas ketika keadaan darurat siaga lokal telah diumumkan.

“Saat tiba, diketahui bahwa anggota kru melihat kelelawar di dalam kabin. Staf satwa liar dipanggil untuk menangkap dan mengambil kelelawar,” kata mereka sebagaimana dilansir The Sun.

“Pesawat mendarat dengan selamat sekitar pukul 03.55, kemudian dinyatakan Aircraft on Grounded (AoG)”.

Begitu pesawat kembali mendarat di Bandara Internasional Delhi Indira Gandhi, staf satwa liar dipanggil.

Seorang pejabat senior DGCA mengatakan kelelawar itu ditemukan tewas di area kelas bisnis pesawat. Pesawat dilaporkan menjalani pengasapan lengkap, setelah itu bangkai kelelawar diambil dari kabin.

BACA JUGA: Hindari Pembatasan Covid-19, Pengantin India Gelar Pernikahan di Udara

Departemen keselamatan penerbangan Air India dilaporkan akan melakukan penyelidikan terperinci atas insiden tersebut.

Namun, laporan awal dari tim teknik Air India menyatakan bahwa mamalia yang tidak diinginkan itu berasal dari pihak ketiga.

"Kemungkinan alasan/penyebabnya mungkin memuat kendaraan seperti untuk katering," kata seorang pejabat Air India.

"Tikus/kelelawar selalu datang dari kendaraannya."

Para penumpang yang terlantar segera dipindahkan ke pesawat Air India lainnya, yang mendarat di Newark, New Jersey, AS pada pukul 11:35 waktu setempat.

Insiden itu terjadi ketika India dilanda pandemi virus corona yang memberikan dampak besar pada negara itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini