Puluhan Limbah Medis Berserakan di JPO Simpang 7 Kudus

Nur Choiruddin, iNews · Selasa 08 Juni 2021 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 512 2421804 puluhan-limbas-medis-berserakan-di-jpo-simpang-7-kudus-zSLTCOYqjT.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

KUDUS - Puluhan limbah medis ditemukan berserakan di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di kawasan Simpang 7 Kudus, Jawa Tengah.

Lokasi limbah medis itu berada di kawasan sisi timur alun-alun kota di Kabupaten Kudus. Terlihat limbah medis itu mulai dari puluhan alat injeksi tanpa jarum hingga alat rapid test bekas berserakan di lantai JPO.

Selain limbah medis, tampak juga tumpukan setrofoam bekas alat bungkus elektronik. Menurut sejumlah warga JPO yang berada di atas Pos Patwal Satlantas Kudus itu memang kerap digunakan oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Warga menduga limbah medis tersebut dibawa oleh ODGJ tersebut. Petugas kebersihan pun telah membersihkan limbah medis itu.

Baca juga: Heboh Limbah Medis di Kuningan, Saat Dicek Petugas Cuma Temukan Satu Masker

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kudus Mas'ud mengatakan bahwa pihaknya telah mengumpulkan informasi soal limbah medis di JPO Kudus. Menurut dia, limbah medis tersebut harus mendapatkan penanganan khusus lantaran merupakan limbah berbahaya.

Dia menambahkan bahwa Dinkes Kudus belum bisa memastikan dari mana asal limbah medis yang berserakan di tengah JPO tersebut.

"Kita akan sterilisasi JPO sebelum banyak digunakan pejalan kaki untuk menyebrang," kata dia, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Polisi Tangkap Sopir Pembuang Limbah Medis Covid-19 Sembarangan di Kota Bogor

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini