Dubes Zuhair Al-Shun: Palestina Selalu Mendapat Dukungan Penuh dari Indonesia

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 10 Juni 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 18 2422759 dubes-zuhair-al-shun-palestina-selalu-mendapat-dukungan-penuh-dari-indonesia-hDRfRyuh5t.jpeg Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun. (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Dukungan dan posisi Indonesia bagi kemerdekaan Palestina sangat diapresiasi, terutama pasca konflik berdarah dengan Israel baru-baru ini, demikian disampaikan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

"Selalu saya sampaikan kepada media dimana pun tentang posisi dan dukungan Indonesia, baik yang disampaikan Presiden Joko Widodo, menlu, parlemen, rakyat Indonesia," kata Dubes Zuhair dalam wawancara khusus dengan MNC Portal Indonesia.

BACA JUGA: 3 Hal Pokok Indonesia Bela Palestina, Utang Sejarah Salah Satunya

Menurut Dubes Zuhair, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki pengaruh yang besar di kawasan dan di dunia internasional, menjadikan dukungannya bagi Palestina sangat penting.

"Indonesia adalah salah satu negara yang paling penting dan berpengaruh secara regional dan internasional. Indonesia memiliki posisi yang jelas berpihak pada rakyat Palestina dan keadilan dan sampai mereka mencapai kemerdekaan mendirikan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya."

"Diplomasi indonesia selalu sukses dalam hal ini. kami selalu mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan rakyat Anda," katanya.

Dukungan Indonesia bagi Palestina telah berlangsung sejak dimulainya penindasan oleh Israel. Indonesia menyatakan bahwa dunia internasional berhutang kemerdekaan bagi Bangsa Palestina.

BACA JUGA: Gencatan Senjata Tercapai, RI Tetap Serukan Pendudukan Israel Harus Berakhir

Pasca gencatan senjata pada 21 Mei, Indonesia telah mendorong dunia internasional mengambil langkah-langkah mencegah terulangnya konflik serupa dan penindasan oleh Israel.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah mendorong pembentukan sebuah tim internasional untuk memantau keamanan warga Palestina di wilayah pendudukan, terutama di Yerusalem.

Indonesia juga menyerukan agar pendudukan Israel di Palestina, yang dianggap sebagai isu utama yang memicu kekerasan di kawasan tersebut, untuk segera diakhiri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini