Bangunan Lima Lantai Runtuh Timpa Bus, Tewaskan Setidaknya 9 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 10 Juni 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 18 2422784 bangunan-lima-lantai-runtuh-timpa-bus-tewaskan-setidaknya-9-orang-OqcMunHKZK.JPG Petugas pemadam kebakaran mencari penumpang di dalam sebuah bus yang terperangkap di bawah reruntuhan bangunan di Gwangju, Korea Selatan, 9 Juni 2021. (Foto: Reuters)

SEOUL - Setidaknya sembilan orang tewas setelah sebuah bangunan lima lantai yang dihancurkan di Korea Selatan runtuh menimpa sebuah bus, kata para pejabat. Delapan orang terluka dalam insiden yang terjadi di kota selatan Gwangju itu.

Bus itu membawa 17 orang dan berhenti di jalan di bawahnya, kata Badan Pemadam Kebakaran Nasional sebagaimana dilansir BBC.

BACA JUGA: Kepala Staf AU Korsel Mundur Terkait Kasus Pemerkosaan Anak Buah

Alasan keruntuhan belum jelas dan upaya pencarian sedang dilakukan untuk para penyintas yang mungkin terjebak.

Semua pekerja di lokasi telah dievakuasi sebelum gedung itu runtuh, kata petugas pemadam kebakaran Kim Seok-sun dalam briefing yang disiarkan televisi.

Beberapa pekerja mengatakan kepada penyelidik bahwa mereka telah menutup jalur pejalan kaki di dekat lokasi sebelum runtuh, tambahnya.

Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan bahwa bangunan runtuh langsung menimpa bus.

BACA JUGA: Polisi Selidiki Pembunuh Berantai yang Racuni Lebih dari 1000 Kucing

Yang Ik-je, yang menjalankan toko di seberang jalan dari gedung yang runtuh, mengatakan kepada kantor berita Yonhap bahwa rasanya seperti "bumi bergetar".

“Saya tidak bisa melihat jalan dengan jelas, seolah-olah diselimuti kabut tebal,” katanya. "Saya memeriksa CCTV untuk mengetahui bahwa bangunan itu runtuh menimpa sebuah bus."

Salah satu insiden bangunan runtuh terburuk di masa damai Korea Selatan terjadi pada Juni 1995. Saat itu Sampong Departement Store Seoul runtuh, menewaskan lebih dari 500 orang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini