TNI AL Evakuasi ABK Filipina yang Sakit di Perairan Natuna Utara

Riezky Maulana, iNews · Minggu 13 Juni 2021 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 340 2424543 tni-al-evakuasi-abk-filipina-yang-sakit-di-perairan-natuna-utara-n8yrg7Feqc.jpg Tim gabungan menyelamatkan ABK Filipina yang sakit di tengah laut. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Posal Pangkal Balam jajaran Lanal Bangka Belitung bersama Basarnas dan unsur SAR lain mengevakuasi warga Filipina ABK kapal MV LNG Dream di Perairan Laut Natuna. Para personel dengan segera menyelamatkan ABK yang memerlukan pertolongan tersebut.

Evakuasi ini sesuai dengan instruksi dari Komandan Lanal Babel kepada personel Posal. Para ABK tersebut dievakuasi lantaran sakit di tengah lautan. 

Berdasar infomasi yang diterima dari Kansar Pangkal Pinang, titik penjemputan berada  pada koordinat 0°43'24.00"S107° 5'24.00"E. Jarak itu kurang lebih sekitar 51 nautical mile dari Pangkal Balam. 

Baca juga: Makan Tumbuhan Liar, Pasukan Elite Amerika Kehabisan Logistik di Gunung Tumpang Pitu

Nahas saat dalam perjalanan, satu ABK yang belakangan diketahui bernama Jay Clarenceusia berusia 23 tahun meninggal dunia. Di kapal itu, Jay bekerja sebagai teknisi mesin. 

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, selain melaksanakan evakuasi, tim medis juga melaksanakan observasi terhadap korban dengan melakukan pemeriksaan antigen terhadap 19 crew dan korban dengan hasil negatif Covid-19," ucap Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq dalam keterangannya, Minggu (13/6/2021).

Baca juga: Foto-Foto Prajurit Marinir Indonesia-Amerika Latihan Tembak Bersama

Farou berpesan kepada jajarannya untuk selalu siap sedia dan tanggap darurat terhadap musibah atau bencana di wilayahnya masing-masing. Menurut dia, hal itu selaras dengan perintah KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini