Video Pemenggalan Menjadi Viral di TikTok Buat Kaget Warganet

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 Juni 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 18 2425328 video-pemenggalan-menjadi-viral-di-tiktok-buat-kaget-warganet-7v534JR75U.jpg Video tersebut dimulai dengan menampilkan seorang gadis dengan tanktop hitam yang menari. (Foto: Twitter)

PENGGUNA aplikasi populer TikTok mengirim peringatan di media sosial setelah dikejutkan dengan video yang menampilkan “pemenggalan” yang mengerikan. Klip pemenggalan itu menjadi viral setelah melewati sistem penyaringan dan keamanan aplikasi berbagi video tersebut.

Klip yang sekarang telah dilarang dan dihapus itu, awalnya dibagikan oleh pengguna bernama @mayenggo3. Video dimulai dengan seorang gadis yang mengenakan tank top hitam dan celana pendek putih menari diiringi lagu oleh rapper Amerika Serikat Doja Cat.

BACA JUGA: Seorang Pria Penggal Putrinya Sendiri, Tenteng Potongan Kepala ke Kantor Polisi

Video itu kemudian tiba-tiba berubah menjadi adegan mengerikan yang menunjukkan pria berbahasa Spanyol memenggal kepala seseorang di kamar mandi yang dipenuhi darah.

Akun @mayenggo3 telah dihapus menyusul kemarahan dari pengguna, sementara identitas mereka yang ada di video tetap belum diverifikasi.

TikTok mengatakan klip asli telah dihapus dan ditambahkan ke sistem "Hashbank" untuk mencegahnya diposting lagi.

BACA JUGA: Viral! Korban Begal HP Sedang Live Facebook, Pencuri Ini Kaget Wajahnya Terekam

Perusahaan China juga telah meminta maaf kepada siapa pun yang menemukan konten berdarah dalam sebuah pernyataan kepada Newsweek:

"Kami menghargai upaya bersama oleh komunitas kami untuk memperingatkan tentang klip eksplisit yang tidak wajar dari situs lain yang disambungkan ke dalam video dan dibawa ke TikTok. Video asli dengan cepat dihapus, dan sistem kami secara proaktif mendeteksi dan memblokir upaya unggahan ulang dari klip untuk menangkap perilaku jahat sebelum konten dapat dilihat. Kami meminta maaf kepada orang-orang di komunitas kami, termasuk moderator kami, yang mungkin menemukan konten ini," demikian isi pernyataan itu sebagaimana dilansir Sputnik.

Seorang moderator konten dari TikTok kemudian mengatakan kepada Newsweek bahwa kemungkinan sistem AI-nya (kecerdasan buatan), yang biasanya mendeteksi konten telanjang atau berdarah, “ditipu” oleh teknik penyambungan – ketika satu video digabungkan ke video lainnya.

Pengguna cenderung memformat ulang klip beberapa kali untuk melewati keamanan Al, juru bicara itu menjelaskan, dengan video biasanya mencapai sekitar 500 tampilan sebelum dikirim ke moderator manusia. Dia menambahkan bahwa ada banyak contoh klip menari yang berubah menjadi konten eksplisit yang melanggar pedoman platform.

Klip pemenggalan, yang masih membuat TikTokers dan orang tua mereka merinding itu dilaporkan telah beredar di internet selama dua tahun setelah pertama kali dipublikasikan di situs web konten gore.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini