25 Daerah di Jateng Zona Merah Covid-19, Ganjar: Satu Pulau Mesti Kompak!

Taufik Budi, Okezone · Selasa 29 Juni 2021 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 512 2432304 25-daerah-di-jateng-zona-merah-covid-19-ganjar-satu-pulau-mesti-kompak-ylTlWjxvB7.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Okezone)

SEMARANG - Penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) kian mengkhawatirkan. Kini, terdapat 25 daerah kabupaten/kota di Jateng yang dinyatakan masuk zona merah Covid-19.

"Saat ini, sudah ada 25 kabupaten/kota yang masuk zona merah. Ini sudah mengkhawatirkan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai rapat penanganan Covid-19 bersama Wamenkes secara daring, Senin (28/6/2021).

"Ke depan akan kita terbitkan instruksi Gubernur, sebaiknya seluruh ibadah dari rumah saja, hajatan dilarang, kalau nikah boleh cuma akad saja. Kalau diundang hajatan jangan datang, ditransfer saja jika mau. Ayo podo eling lan ngelingke, eling nganggo masker dan ngelingke liyane ojo nganti berkerumun," tegas Gubernur.

Baca Juga:  Gunakan APD, Petugas Angkut Limbah Infeksius di Rusun Nagrak

Ganjar juga mengatakan, pengetatan-pengetatan yang dilakukan saat ini sebaiknya dilakukan di seluruh daerah risiko tinggi di Indonesia. Dirinya meyakini, pembatasan tidak bisa optimal jika hanya di wilayah teritorial salah satu pemerintahan saja.

"Ini mesti satu pulau kompak. Jadi kalau memang mobilitas warga dikurangi, mari kita bersama-sama setop mobilitasnya," tandasnya.

Baca Juga:  176 Tenaga Kesehatan dari Akmil Magelang Tiba di RSDC Wisma Atlet

Tak hanya itu, Ganjar juga meminta kegiatan yang menimbulkan keramaian semuanya ditunda. Bahkan, Bupati/Wali Kota diminta tak segan untuk melarang semua kegiatan yang berpotensi dihadiri banyak orang.

"Kalau nekat, bubarkan. Tidak boleh ragu. Karena kondisi ini butuh perhatian lebih serius lagi," ucapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini