Sejarah Berdarah Umat Manusia, Ini Perang yang dengan Korban Jiwa Terbanyak

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 03 Juli 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 18 2434676 sejarah-berdarah-umat-manusia-ini-perang-yang-dengan-korban-jiwa-terbanyak-9ebrdJOnYd.jpg Foto: Wikipedia.

SEBELUM negara-negara di dunia memperoleh kemerdekaannya, perang menjadi cara untuk mempertahankan atau merebut suatu wilayah. Tidak sedikit hal yang dikorbankan dalam suatu peperangan, nyawa misalnya.

Berikut beberapa peperangan yang pernah terjadi dengan jumlah korban jiwa paling banyak, sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:

Perang Dunia II 

Perang Dunia II dikenal sebagai perang yang paling luar biasa dalam sejarah. Perang ini melibatkan 2 blok dan diawali pada tahun 1939. Kala itu, Jerman menyerang sisi barat negara Polandia. Penandatanganan dokumen gencatan senjata oleh Jepang dan beberapa perwakilan lainnya pada 9 September 1945 , menandakan selesainya perang yang memakan lebih dari 55 juta korban. Dimana, 6 juta korban dari jumlah tersebut adalah masyarakat Yahudi yang tewas di kamp konsentrasi Nazi.

BACA JUGA: Kisah Pertempuran Terbesar di Laut Jawa Tewaskan 2.300 Pelaut dan Laksamana Karel Doorman 

Pemberontakan Taiping 

Pemberontakan melawan dinasti Qing ini terjadi dari tahun 1850 hingga 1864 yang menyebabkan 20 juta orang tewas. Dinasti Qing adalah dinasti yang berkuasa saat itu yang diserang oleh kelompok pemujaan God Worshiping Society karena adanya permasalahan kondisi ekonomi saat itu. Pemimpin pemberontakan, Hong Xiuquan, mulai memperluas jangkauannya ke seluruh Tiongkok yang kemudian merasa kelompoknya telah tersusun dengan baik pada tahun 1850. Kelompok ini pun menyerang dinasti Qing yang diawali dari mengalahkan pasukan Qing di beberapa kota hingga pengepungan kota utama Nanjing. Sayangnya perjuangan kelompok ini gagal begitu Eropa bergabung dengan pasukan Qing.

BACA JUGA: Sederet Fakta Mengejutkan di Balik Perang Vietnam 

Perang Dunia I

Meskipun Perang Dunia I hanya berlangsung selama 4 tahun (1914 hingga 1918), namun perang ini menyebabkan setidaknya 18 juta orang menjadi korban, yang mana 7 juta di antaranya adalah warga sipil. Pada perang ini, Jerman menjadi agresor terbesar dengan oposisi Sekutu yang meliputi Inggris, Prancis, Rusia, dan kemudian juga Amerika Serikat. Perang ini dimenangkan oleh Sekutu yang ditandai dengan penyerahan Jerman pada tahun 1918.

Ekspansi Mongol 

Ekspansi ini merupakan upaya Kerajaan Mongolia memperluas daerah kekuasaan dengan bertekad untuk menaklukan seluruh daratan Eurasia. Genghis Khan yang merupakan panglima perang Mongolia, berhasil memimpin Mongol untuk menguasai 22% dari wilayah Asia timur dan Tengah. Ekspansi ini terus berlanjut ke daratan Eropa, bahkan setelah Genghis Khan wafat. Peperangan yang terjadi dalam upaya perebutan wilayah jajahan dengan bangsa Mongol memakan lebih dari 60 juta korban jiwa.

Perang Saudara Vietnam

Perang saudara ini terjadi antara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Padaawalnya, perang dilakukan sebagai upaya penyatuan kembali pasca pemisahan Vietnam tahun 1954. Namun hingga 1968, perang tersebut dilancarkan oleh Vietnam Selatan yang bersekutu dengan Amerika Serikat, beserta sekutu lainnya. Mereka melawan gerilyawan Viet Cong dan pasukan Vietnam Utara. Pada 1975, perang saudara ini dimenangkan oleh Vietnam Utara. Korban tewas yang diakibatkan perang ini mencapai 2,5 juta orang. Para korban terdiri dari pasukan Amerika Serikat, personel militer Tiongkok, serta korban dari negara terdampak, yaitu Kamboja dan Laos.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini