Sejumlah Pemimpin Dunia Pernah Terjerat Skandal Seks, Siapa Saja?

Tim Okezone, Okezone · Senin 05 Juli 2021 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 04 18 2435348 sejumlah-pemimpin-dunia-pernah-terjerat-skandal-seks-siapa-saja-zaXeopqfHX.jpg Bill Clinton. (Modern Liberal)

PEMIMPIN adalah posisi dengan tanggung jawab luar biasa dan menjadi perhatian banyak orang. Hal ini membuat para pemimpin seketika menjadi perbincangan apabila melakukan hal yang dianggap tidak layak dilakukan oleh seorang pemimpin. Salah satu hal yang dapat menjadi bumerang bagi seorang figur publik adalah skandal seks. Berikut beberapa pemimpin di dunia yang pernah memiliki skandal seks.

1. Bill Clinton

Skandal seks Presiden Amerika Serikat ke-42 dengan staf gedung putih Monica Lewinsky pada tahun 1995 sudah menjadi perbincangan publik sejak beberapa waktu lalu. Kasus ini dibawa ke ranah hukum. Sang presiden dituntut atas tuduhan pelecehan seksual oleh pengacara Paula Jones. Akibat kasus ini, dilakukan pemakzulan terhadap Clinton yang didasari beberapa hal, meliputi sumpah palsu, menghalangi keadilan, merusak saksi, dan penyalahgunaan kekuasaan. Namun, pemakzulan ini tidak diterima berdasarkan hasil voting. Setelah kejadian itu Presiden Bill Clinton mengucapkan ‘maaf yang mendalam’ lantaran perilakunya menjadi beban bagi kongres dan masyarakatnya.

Baca Juga : Menkes Inggris Mengundurkan Diri Usai Tepergok Ciuman dengan Ajudan

2. Dominique Strauss-Kahn

Direktur IMF (International Monetary Fund) sempat terlibat hubungan romantis dengan seorang ekonom di IMF bernama Piroska M Nagy pada 2008. Bukan yang pertama kali, pada t2002, ia pernah melakukan pelecehan seksual kepada seorang wartawan bernama Tristane Banon pada saat sesi wawancara dengannya. Akibat skandal yang berkali-kali terjadi, Strauss-Kahn akhirnya mundur dari jabatan Direktur IMF setelah kembali melakukan pelecehan bahkan percobaan perkosaan terhadap pelayan hotel di New York Sofitel pada 2011. Pada 2012, kasusnya dibatalkan dan diselesaikan secara perdata.

3. Mosche Katsav

Mantan Presiden Israel Mosche Katsav juga termasuk salah satu pemimpin dunia yang pernah terkena skandal seks. Ia pernah diduga melakukan tindak perkosaan serta pelecehan seksual terhadap beberapa karyawannya ketika ia menjabat sebagai Menteri Pariwisata. Pada 1998, ia kembali dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap perempuan yang bekerja di kantor presiden. Kedua dakwaan tersebut kemudian membawa Kastav ke pengadilan dan divonis bersalah.

 

4. Václav Klaus

Mantan Presiden dan Perdana Menteri Ceko ini termasuk salah satu pejabat yang cukup bersih dan bebas korupsi. Namun, ia pernah terlibat dalam skandal seks dengan berselingkuh dengan pramugari penerbangan. Terungkap bahwa selama beberapa tahun terakhir sejak ia menjabat, ia menggemari pramugari di usia 20-an. Perselingkuhan yang ia lakukan sejak tahun 1991 dan baru terungkap pada tahun 2008 ketika periode kedua kepresidenannya.

Baca Juga : Video dan Foto Aksi Seksual di Gedung Parlemen Australia Bocor, Seorang Staf Dipecat

Sumber:

- https://international.sindonews.com/berita/1377862/45/deretan-skandal-seks-pejabat-dunia-2-dari-indonesia

- https://www.history.com/this-day-in-history/president-clinton-impeached

- Berbagai sumber lain

(Ditulis oleh Zahra Siti Arkandina / Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini