Dukung Indonesia Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Australia Kirim Paket Bantuan Kesehatan

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 07 Juli 2021 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 18 2437012 dukung-indonesia-hadapi-lonjakan-kasus-covid-19-australia-kirim-paket-bantuan-kesehatan-RdyYQtZMzM.jpg Kargo berisi bantuan APD dari Australia untuk Indonesia yang dikirimkan pada Agustus 2020. (Foto: Kedubes Australia Jakarta)

JAKARTA Australia menyatakan komitmennya untuk mendukung Indonesia dalam menanggapi lonjakan tinggi kasus Covid-19 di Tanah Air. Dukungan itu diwujudkan melalui bantuan paket kesehatan ke Indonesia.

BACA JUGA: Menko Airlangga: Percepatan Vaksinasi dan PPKM Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

Bantuan itu dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Marise Payne dalam pembicaraan dengan Menlu RI Retno Marsudi, Rabu (7/7/2021). Paket dukungan itu termasuk:

- AUD12 juta (sekira Rp130,4 miliar) untuk peralatan medis terkait oksigen dan lainnya, termasuk 1000 ventilator, hingga 700 konsentrator oksigen, lebih dari 170 tabung oksigen dan berbagai bahan habis pakai dan suplai medis lainnya,

- Lebih dari 40.000 alat uji antigen cepat

- 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca pada 2021.

BACA JUGA: Wamenkes Sebut Indonesia Dapat Bantuan dari Australia dan Jepang untuk Vaksinasi Anak

Dukungan Australia akan memperluas kapasitas tes cepat, mempertahankan layanan kesehatan yang ada, dan membantu fasilitas medis darurat saat Indonesia merespons jumlah kasus yang terus meningkat.

Paket bantuan tersebut dibangun di atas dukungan kuat Australia untuk respons Covid-19 Indonesia hingga saat ini.

Sejak awal pandemi, Australia telah memberikan pinjaman AUD1,5 miliar untuk mendukung respons COVID-19 dan ketahanan ekonomi Indonesia, mereorientasi kemitraan pembangunan jangka panjang kami, dan menyediakan 100 ventilator non-invasif serta peralatan medis dan laboratorium lainnya.

Melalui Regional COVID-19 Vaccine Access and Health Security Initiative senilai AUD523 juta, Australia menyediakan AUD101,9 juta untuk mendukung peluncuran vaksin nasional Indonesia, menurut informasi Kedutaan Besar Australia dalam keteranga persnya.

Ini termasuk pendanaan untuk pengadaan vaksin melalui UNICEF (AUD77,1 juta), serta dukungan pengiriman melalui Bank Dunia, UNICEF dan WHO, dan Kemitraan Keamanan Kesehatan Australia Indonesia.

Kontribusi Australia sebesar AUD130 juta untuk Komitmen Pasar Lanjutan COVAX juga mendukung kebutuhan vaksin Indonesia dan negara-negara peserta lainnya. Selain itu, Indonesia akan mendapat manfaat dari kontribusi Australia sebesar AUD100 juta untuk Quad Vaccine Partnership yang akan mendukung pengiriman vaksin di seluruh Asia Tenggara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini