Banjir di Aceh Besar Berangsur Surut, Sebagian Warga Telah Kembali ke Rumah

Tim Okezone, Okezone · Minggu 11 Juli 2021 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 11 340 2438862 banjir-di-aceh-besar-berangsur-surut-sebagian-warga-telah-kembali-ke-rumah-6VkPhBKCBI.jpeg Foto: Dok. BNPB.

JAKARTA Banjir yang melanda Aceh Besar, Provinsi Aceh pada Jumat (9/7/2021) lalu telah berangsur surut meski masih berdampak apda aktivitas masyarakat. Sebagian penyintas pun telah kembali ke rumah mereka dari pengungsian.

Menurut data BPBD Kabupaten Aceh Besar pada Minggu (11/7/2021) pukul 08.20, banjir masih menggenangi beberapa titik, demikian disampaikan BNPB dalam keterangan persnya, Minggu.

BACA JUGA: Banjir di Banda Aceh & Aceh Besar, Ratusan Warga Mengungsi di Sekolahan

Pihak BPBD setempat masih melakukan pendataan warga yang masih mengungsi di tempat kerabat. Sebelumnya tercatat 56 KK mengungsi dan sekitar 401 KK terdampak akibat banjir tersebut.

Banjir dipicu oleh hujan intensitas tinggi yang mengakibatkan meluapnya beberapa sungai di Kabupaten Aceh Besar.

Pada Sabtu (10/7/2021), pukul 21.00 WIB, BPBD Kabupaten Aceh Besar mencatat 11 desa atau gampong yang tersebar di 4 kecamatan terdampak banjir. Kesebelas gampong antara lain Gampong Brayeun di Kecamatan Leupung, Gampong Lamsujen, Pudeng, Krueng Kala di Lhoong, Lamgeumok, Ajuen dan Lam Hasan di Peukan Bada serta Lampasie Eungking, Gue Gajah dan Garot di Darul Imarah.

BACA JUGA: Rumah Tionghoa Kuno di Lasem, Ada yang Dijual dan Mangkrak

Merespons banjir di wilayahnya BPBD segera melakukan penanganan darurat, seperti evakuasi warga dan kaji cepat di lapangan. Selain itu, BPBD berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya serta pemerintah di tingkat desa dan kecamatan terdampak.

Sementara itu banjir yang melanda Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara pada Kamis (8/7/2021) juga telah berangsur surut. BPBD Kabupaten Muna melaporkan pada hari ini, Minggu (11/7/2021), warga telah kembali beraktivitas normal. Masyarakat yang mengungsi pun telah kembali ke rumah masing-masing.

Meskipun banjir surut, BPBD setempat masih memantau adanya hujan dengan intensitas ringan pada hari ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini