Share

Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Resmikan Robot Penyuluhan

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 23 Juli 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 18 2444708 ketua-umum-urusan-masjidil-haram-dan-masjid-nabawi-resmikan-robot-penyuluhan-0p1XqhOYCM.jpg Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi resmikan robot penyuluhan (Foto: reasahalharmain)

MAKKAH – Yang mulia Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syeikh Prof. Dr. Abdul Rahman bin Abdul Aziz as-Sudais meresmikan Robot Penyuluhan.

Ini merupakan bagian dari Upaya Dewan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk memanfaatkan Inovasi Alat Pintar dalam Pelayanan Masjid Dua Tanah Suci.

Saat peresmian, Yang Mulia mengatakan penggunaan teknologi membawa nilai positif dalam melayani para jamaah haji dan pengunjung Masjid Dua Tanah Suci. Robot ini juga menerapkan jaga jarak dengan menghindari persentuhan atau kedekatan jarak antara yang memberi fatwa dengan penanya.

Salah satu kelebihan Robot ini adalah memberikan pengarahan kepada para jamaah haji dan umrah tata cara pelaksanaan ibadah, memberikan fatwa dan jawaban kepada para penanya dari pengunjung Masjidil Haram. Robot ii juga memiliki terjemah langsung dengan berbagai bahasa, memungkinkan berhubung dengan para Syeikh dari jarak jauh, dapat dibuat beberapa penyuluhan pengenalan lebih dari satu bahasa, dan pengendalian Robot dari jarak jauh.

(Baca juga: Biden: Pandemi Covid-19 Berlanjut bagi Mereka yang Belum Divaksin)

Robot ini didukung dengan 11 bahasa. Yaitu Bahasa Arab, Inggiris, Perancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, China, Benggal dan Housa.

Robot ini juga memiliki layar sentuh ukuran 21 inci yang dapat dimanfaatkan dalam pengoperasian beberapa pelayanan penting bagi para pengunjung Masjidil Haram dari penyuluhan, arahan, dan mengemukakan pendapat.

(Baca juga: Studi: Antibodi Vaksin Sinopharm Lebih Lemah terhadap Varian Delta)

Robot ini memiliki 4 roda yang dibekali dengan sistem penghentian pintar yang dapat digerakkan dengan baik dan mudah, sistem kamera di bagian depan dan bawah, canggih dan terang dalam pengambilan poto serta dapat mengambil poto di sekelilingnya, memiliki alat bantu dengar dengan suara yang jelas, mikrofon dengan kwalitas penyerapan canggih untuk pemindahan suara dengan terang, dan sistem wi-fi yang memiliki kecepatan 5 GHz berfungsi dalam memindahkan data dengan cepat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(sst)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini