Topan In-Fa Hantam Shanghai, Lebih dari 300 Ribu Orang Dievakuasi

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 26 Juli 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 18 2446025 topan-in-fa-hantam-shanghai-lebih-dari-300-ribu-orang-dievakuasi-vZKPeICLa0.jpg Foto: Reuters.

SHANGHAI - Ratusan ribu orang telah dievakuasi dari daerah pesisir Shanghai, China menjelang kedatangan Topan In-Fa di wilayah selatan kota tersebut. Semua penerbangan ke Shanghai dan layanan kereta berkecepatan tinggi telah ditangguhkan.

Shanghai mengeluarkan peringatan topan tingkat tertinggi kedua saat In-Fa menghantam Distrik Pudong di selatan pada Minggu (25/7/2021).

BACA JUGA: Diguyur Hujan Terparah dalam 1.000 Tahun, China Tengah Kebanjiran

Diwartakan RT, sekira 330.000 orang dievakuasi dari daerah pesisir kota, termasuk Distrik Fengxian. Lebih dari 100.000 pegawai negeri dan pekerja dikerahkan ke jalan-jalan kota sebagai bagian dari tindakan pencegahan banjir besar-besaran yang diprakarsai oleh pihak berwenang.

Semua penerbangan penumpang ke dan dari dua bandara Shanghai dibatalkan pada Minggu. Pelabuhan Shanghai, yang merupakan salah satu pusat pelayaran tersibuk di dunia, mengevakuasi ribuan kapal sementara Bandara internasional Hangzhou, sebuah kota di barat daya Shanghai, juga membatalkan semua penerbangan.

Beberapa jalur bus di Shanghai juga ditangguhkan untuk mencegah bus melintasi jembatan di atas beberapa sungai. Semua kereta berkecepatan tinggi menuju Shanghai ditangguhkan mulai Minggu malam.

BACA JUGA: Bandara Shanghai Tutup Gegara Topan, Ratusan Penerbangan Batal

Topan In-Fa telah menghantam Kota Zhanshan di Provinsi Zhejiang selatan Shanghai pada Minggu pagi, dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 136 kilometer per jam. Video lain yang diposting online menunjukkan angin bertiup melewati jalanan dengan kecepatan luar biasa.

Topan diperkirakan akan berputar melalui Teluk Hangzhou dan mendarat lagi pada Minggu, berpotensi menghantam Provinsi Zhejiang dan Shanghai. Topan In-Fa datang saat China baru saja mengalami banjir dahsyat yang melanda Provinsi Henan tengah, merenggut nyawa puluhan orang dan memaksa pihak berwenang untuk mengevakuasi ratusan ribu orang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini