Macan Tutul Salju Langka Positif Terpapar Covid-19

Susi Susanti, Koran SI · Senin 26 Juli 2021 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 18 2446289 macan-tutul-salju-langka-positif-terpapar-covid-19-8rxVfUfrn0.jpg Macan tutul (Foto: CNN)

SAN DIEGO - Seekor macan tutul salju langka di Kebun Binatang San Diego yang belum divaksinasi Covid-19 dinyatakan positif mengidap virus corona. Tetapi kebun binatang terus meluncurkan vaksinasi untuk melindungi hewan lain.

Kebun binatang dalam rilis baru menyatakan pada Kamis (22/7) pekan lalu, spesialis perawatan satwa liar melihat macan tutul salju mengalami batuk dan pilek. Tes awal mengkonfirmasi virus penyebab Covid-19.

Kebun binatang mengatakan tidak tahu bagaimana macan tutul salju bisa terinfeksi. Macan tutul salju tampaknya baik-baik saja dan tidak menunjukkan gejala tambahan.

Menurut Snow Leopard Trust, mungkin hanya ada sekitar 4.000 hingga 6.000 macan tutul salju yang tersisa di dunia.

Pada Januari lalu, kebun binatang mulai memvaksinasi hewannya dengan vaksin rekombinan protein spike murni yang disumbangkan, yang tidak dimaksudkan untuk digunakan manusia. Kebun binatang memvaksinasi beberapa kera besar setelah gorila kebun binatang dinyatakan positif terkena virus. Gorila pulih sepenuhnya.

(Baca juga: Bersitegang dengan China, Angkatan Udara AS Kirim 25 Jet Tempur F-22 ke Pasifik)

Menurut rilis berita kebun binatang, tim dokter hewan di kebun binatang berfokus pada satwa liar yang paling berisiko tertular virus. Termasuk macan tutul, singa, harimau, cheetah, jaguar, singa gunung, dan lainnya,

Macan tutul salju berbagi habitatnya dengan macan tutul salju betina dan dua macan tutul Amur. Hewan-hewan itu sedang dikarantina dan dipantau secara ketat.

Ini bukan pertama kalinya macan tutul salju dinyatakan positif di AS. Pada Desember tahun lalu, tiga macan tutul salju di Kebun Binatang Louisville dipastikan terinfeksi virus. Macan tutul itu menunjukkan gejala ringan dan diyakini telah terinfeksi oleh anggota staf tanpa gejala.

(Baca juga: Menteri Kesehatan Inggris Minta Maaf, Hapus Cuitan 'Pengecut' Covid-19)

Pengujian di kebun binatang dan di Sistem Laboratorium Keamanan Makanan dan Kesehatan Hewan California mengkonfirmasi tes positif macan tutul salju Kebun Binatang San Diego. Hasil masih menunggu dari Laboratorium Layanan Hewan Nasional Departemen Pertanian AS.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini