Viral Suara Gemuruh di Bandung, BMKG Tegaskan Bukan dari Aktivitas Alam

Arif Budianto (Koran Sindo), Koran SI · Selasa 27 Juli 2021 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 525 2446800 viral-suara-gemuruh-di-bandung-bmkg-tegaskan-bukan-dari-aktivitas-alam-WGXZvyTAZy.jpg Ilustrasi (Foto:BMKG)

BANDUNG - Viral di media sosial (medsos) adanya suara gemuruh di Kota Bandung pada Senin 26 Juli 2021 sekitar pukul 23.00 WIB. Suara gemuruh itu pun menimbulkan pertanyaan banyak pihak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, suara gemuruh itu terdengar di wilayah sekitar Cibogo dan Sarijadi, Kota Bandung

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memastikan suara tersebut tidak ada kaitannya dengan aktivitas alam di Tanah Pasundan.

Baca juga: Gemuruh di Bandung karena Benda Ruang Angkasa? Ini Penjelasan BMKG

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan bahwa berdasarkan data dari monitoring peralatan yang ada di BMKG Bandung, disimpulkan bahwa berdasarkan rekaman seismograph sekitar pukul 23.13 WIB tidak ada aktivitas gempa bumi di wilayah Bandung Raya.

"Berdasarkan monitoring lightning detector sekitar pukul 23.13 WIB tersebut tidak terdeteksi aktivitas petir. Dari data kemagnetan di wilayah Sarijadi dan sekitarnya pukul 23.13 WIB sampai pagi ini tidak ada gangguan yg signifikan," ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Aktivitas Gunung Merapi Terus Alami Peningkatan

Menurut dia, berdasarkan informasi dari Pusdalops BPBD Jawa Barat, sampai saat ini tidak ada informasi maupun laporan dari masyarakat yang terdampak terkait suara gemuruh tersebut. (fkh)

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini