Gempa M 8,2 Guncang Alaska, Terbesar Keenam Sepanjang Sejarah AS

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 29 Juli 2021 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 18 2448059 gempa-m-8-2-guncang-alaska-terbesar-keenam-sepanjang-sejarah-as-PF01CgAzbf.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 8,2 yang mengguncang Alaska pada Rabu (28/7/2021) merupakan gempa terkuat keenam yang pernah terjadi di wilayah Amerika Serikat (AS). Gempa tersebut memicu peringatan tsunami di sejumlah wilayah, dan mendorong evakuasi warga dari wilayah Alaska yang berdekatan.

Sebagaimana diberitakan, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa kuat itu mengguncang 104 kilometer sebelah tenggara Perryville, Alaska, tepat di lepas pantai Kepulauan Aleutian. Gempa awalnya dilaporkan berkekuatan M 7,2, tetapi kemudian ditingkatkan.

BACA JUGA: Gempa M 8,2 Guncang Tenggara Alaska, Hawaii Berpotensi Dilanda Tsunami 

Menyusul gempa tersebut, sejumlah lembaga pemantau segera mengeluarkan peringatan tsunami, terutama di wilayah-wilayah sekitar Alaska.

Gempa itu juga memicu evakuasi di sejumlah wilayah di Alaska, termasuk di Kodiak. Video yang beredar di media sosial memperlihatkan iringan kendaraan penduduk yang melakukan evakuasi dengan suara sirene peringatan tsunami terdengar di latar belakang.

BACA JUGA: Deretan Tsunami Akibat Gempa Alaska

Diwartakan RT, gempa tersebut adalah gempa bumi terbesar yang melanda AS sejak 1965, dan terbesar keenam dalam sejarah Amerika Utara. Semua gempa bumi paling parah di AS telah terjadi di Negara Bagian Alaska.

Alaska adalah bagian dari Cincin Api Pasifik, sebuah sabuk gempa bumi berbentuk tapal kuda yang panjang dan aktif. Cincin Api adalah rumah bagi 75 persen gunung berapi dunia dan 90 persen gempa bumi.

Pada 1964, Alaska dilanda gempa berkekuatan M 9,2, yang terkuat yang pernah tercatat di Amerika Utara. Gempa dahsyat itu melepaskan tsunami yang melanda Teluk Alaska, pantai barat AS, dan Hawaii. Lebih dari 250 orang tewas akibat gempa dan tsunami tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini