Kabur hingga Naik Plafon, 2 Bandar Sabu Jaringan Lapas Ditangkap

Tritus Julan, Koran SI · Sabtu 31 Juli 2021 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 519 2448709 kabur-hingga-naik-plafon-2-bandar-sabu-jaringan-lapas-ditangkap-YonE41MiO7.jpg Bandar sabu jaringan lapas ditangkap. (Foto : iNews/Tritus Julan)

MOJOKERTO - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mojokerto menangkap bandar narkoba yang diduga jaringan lembaga pemasyarakatan (lapas). Dari tangan pelaku, petugas mengamankan sisa sabu seberat 44,32 gram sabu siap edar.

Ada dua pelaku yang diamankan dalam penggerebekan ini. Satu orang merupakan bandar, sedangkan satu orang lainnya sebagai pengedar sabu. Keduanya adalah Andri Sugiono (35) dan Andri Kristian (39) warga Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Kepala BNN Kota Mojokerto, AKBP Suharsi mengatakan, kedua pelaku dibekuk petugas pada Kamis (29/07/2021) sekitar pukul 21.00 WIB di kediaman masing-masing di Jalan Timor, Kelurahan/Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Setelah petugas menerima laporan dari masyarakat yang curiga dengan aktivitas keduanya.

Proses penangkapan berlangsung dramatis. Menurut Suharsi, petugas terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan, karena kedua pelaku berusaha melarikan diri saat digrebek. Namun, akhirnya keduanya menyerah tanpa perlawanan. Letusan suara senapan membuat kedua pria tersebut pasrah.

"Sebelum melakukan penangkapan, saya meminta kepada anggota tembak di tempat jika pelaku melawan. Sebab kita khawatir anggota didorong dari atas loteng karena lokasinya ada di rumah tingkat, saat kita gerebek rupanya kedunya sedang membagi sabu," kata Suharsi, Jumat (30/7/2021).

Kedua pelaku ini tergolong cukup licin. Sebab, saat dilakukan pengerebekan keduanya berusaha melarikan diri dengan cara melompat dari atas rumah hingga naik ke plafon rumah. Namun, petugas yang sudah mengempung lokasi tak kalah cepat dan langsung meringkus kedua pelaku.

Baca Juga : Edarkan Sabu, Pecatan Polisi Ditembak

"Tiga jam baru kita bisa mengamankan keduanya. Keduanya ini menurut saya cukup licin karena sangat pintas untuk meloloskan diri," ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kedua pelaku ini mendapat barang haram dari salah seorang warga binaan di salah satu lembaga permasyarakatan (lapas) di Jawa Timur. Hanya saja, Suharsi tidak bisa membeber lebih detail. Sebab, menurutnya perlu pendalaman informasi yang didapat dari kedua pelaku.

"Kita tidak berani menyebut dari Lapas mana, sebab kita haru membuktikan dulu sebelum menyebutkan barang ini memang dari Lapas," tutur Suharsi.

Dari kedua tangan pelaku, setidaknya petugas berhasil mengamankan sisa sabu sebanyak 44,32 gram. Selain itu, tujuh bendel plastik klip, timbangan digital hingga dua ponsel serta satu unit sepeda motor.

"Ini masih akan kita kembangkan, sebab pasti ada bandar besar di belakang mereka," tutur Suharsi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini