Sebut Serangan Terhadap Kapal Tanker Israel Provokasi, Iran Nyatakan Tak Terlibat

Agregasi VOA, · Senin 02 Agustus 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 18 2449506 sebut-serangan-terhadap-kapal-tanker-israel-provokasi-iran-nyatakan-tak-terlibat-HuyrGKECSo.JPG Ilustrasi. (Foto: Reuters)

TEHERAN - Iran pada Minggu (1/8/2021) mengatakan serangan terhadap sebuah kapal tanker minyak yang dikelola Israel di lepas pantai Oman adalah “provokasi." Iran merujuk pada insiden pekan lalu yang menewaskan dua orang dan menurut Israel dilakukan oleh Iran.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh, dalam konferensi pers mingguan, menegaskan bahwa Iran tidak terlibat dalam serangan itu.

BACA JUGA: Serangan Drone Bunuh Diri Tewaskan 2 Awak Kapal Tanker Minyak Israel 

“Provokasi ini bukan lah hal baru, kami melihat ini terjadi sesekali waktu, terutama ketika hal-hal baik sedang terjadi di kawasan ini. Saya telah mengatakan dan kini kembali saya ulangi, rezim yang menduduki Yerusalem telah menciptakan ketidakamanan, kekerasan, teror dan perang ke mana pun mereka pergi. Untuk alasan ini mereka yang bertanggung jawab adalah yang telah membawa rejim itu ke wilayah ini," ujar Saeed.

Kantor berita Reuters mengutip seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan seorang warga Inggris dan seorang warga Romania tewas ketika “Mercer Street” – sebuah kapal Jepang berbendera Liberia yang dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel diserang, tampaknya oleh sebuah pesawat nirawak. Meskipun demikian masih dibutuhkan bukti-bukti kuat.

BACA JUGA: Israel Tuduh Iran Atas Serangan Kapal Tanker Minyak yang Mematikan

Ada berbagai penjelasan tentang apa yang terjadi pada kapal tanker itu. Zodiac Maritime menggambarkan insiden itu sebagai “dugaan pembajakan,” sementara seorang sumber di Pusat Keamanan Maritim menyebut insiden di luar wilayah perairan Oman itu sebagai kecelakaan.

Sumber-sumber lain di Amerika Serikat dan Eropa yang memahami laporan-laporan intelijen mengatakan Iran adalah tersangka utama dalam insiden itu.

Dalam beberapa bulan terakhir ini Israel dan Iran telah saling tuding melakukan serangan terhadap kapal masing-masing.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini