Share

Kisah Anak-Anak Miskin Sekolah di Bus Keliling Saat Pandemi Covid-19

Agregasi VOA, · Kamis 12 Agustus 2021 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 18 2454401 kisah-anak-anak-miskin-sekolah-di-bus-keliling-saat-pandemi-covid-19-1j0mAJlWth.jpg Pendidikan melalui bus keliling untuk anak-anak miskin (Foto: Reuters)

INDIA - Berbagai pembatasan terkait pandemi Covid-19 menyulitkan program pendidikan anak-anak miskin di India. Sebuah organisasi nirlaba berusaha mengatasinya dengan menghadirkan pendidikan langsung ke anak-anak melalui bus-bus keliling.

Setiap hari kerja empat bus bergerak menuju ke daerah kumuh New Delhi. Bus-bus itu membawa misi khusus, yakni menawarkan pendidikan ke anak-anak dari keluarga miskin, seperti migran, buruh, dan pemulung.

Setiap bus itu pergi ke dua lokasi setiap harinya. Bus itu seperti ruang kelas keliling yang bisa menampung sekitar 50 anak. Di dalam bus itu, anak-anak berusia sekitar 3 hingga 13 tahun tidak hanya mendapat pelajaran dasar seperti matematika, anatomi tubuh manusia, bahasa Inggris dan Hindi, tetapi juga makanan.

(Baca juga: Covid-19 Melonjak, Ambulans Antre Mengular di Luar RS)

"Bus Harapan" atau “Hope Bus” begitu mereka menyebutnya, adalah salah satu dari beberapa inisiatif akar rumput di India yang membantu mengisi kesenjangan pendidikan yang disebabkan oleh pandemi virus corona. Bus-bus pendidikan keliling ini dioperasikan organisasi nirlaba TejasAsia.

Menurut Ebna Edwin, koordinator proyek itu, TejasAsia telah mengoperasikan sekolah keliling ini selama beberapa tahun. Namun, katanya, sekarang peran mereka menjadi lebih penting sejak pandemi melanda.

Waktu belajar di bus keliling itu tidak lama, hanya sekitar dua jam sehari. Tapi, waktu yang singkat itu paling tidak memberi anak-anak itu kesempatan untuk belajar, menjadi diri mereka sendiri, dan jeda waktu dari keharusan mereka membantu pekerjaan orangtua mereka.

(Baca juga: Belarusia Tolak Duta Besar AS dan Kurangi Staf Kedubes)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini