Share

Taliban Berhasil Menerobos Masuk ke Istana Kepresidenan Afghanistan

Susi Susanti, Koran SI · Senin 16 Agustus 2021 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 18 2456128 taliban-berhasil-menerobos-masuk-ke-istana-kepresidenan-afghanistan-oT9T0M3NTx.jpg Taliban berhasil masuk ke istana kepresidenan di Kabul (Foto: Tangkapan layar/Al Jazeera)

AFGHANISTAN - Istana kepresidenan di Kabul kini telah "diserahkan" kepada Taliban.Istana Itu dikosongkan hanya beberapa jam yang lalu oleh pejabat pemerintah, termasuk mantan Presiden  Ashraf Ghani yang telah meninggalkan negara itu.

Menurut jaringan Al Jazeera, yang menyiarkan adegan Taliban langsung dari istana, salah satu pejabat Taliban mengatakan bahwa Kabul adalah kota yang berbeda dengan kota yang mereka tinggalkan 20 tahun lalu.

“Mengamankan Kabul adalah tanggung jawab besar. Ini berbeda dari kota yang kami tinggalkan 20 tahun lalu,” lapor Al Jazeera, mengutip pejabat Taliban di istana.

Koresponden Al Jazeera di istana melaporkan bahwa tiga pejabat pemerintah Afghanistan hadir untuk “penyerahan” istana kepada Taliban.

(Baca juga: Paus Serukan Gencatan Senjata dan Perundingan di Afghanistan)

Seorang pejabat keamanan Taliban kemudian mengatakan bahwa "tidak ada darah yang tertumpah dalam penyerahan itu." Dia juga mengatakan ada penyerahan damai fasilitas pemerintah yang sedang berlangsung di seluruh negeri.

Salah satu pejabat Taliban juga mengatakan bahwa mereka menginginkan pemerintahan yang inklusif di Afghanistan.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa pemimpin Taliban serta dua wakilnya sekarang berada di Afghanistan dan bahwa mereka akan datang ke Kabul ketika situasi keamanan membaik.

(Baca juga: Taliban Siap Masuk Kabul, AS dan Beberapa Negara Barat Evakuasi Diplomat)

Anggota Taliban lain yang hadir untuk upacara tersebut, berbicara singkat dalam bahasa Inggris untuk mengatakan bahwa dia sebelumnya ditahan oleh AS di Guantanamo.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini