Share

Apa yang Ditinggalkan Pasukan AS di Afghanistan? 73 Pesawat hingga 100 Kendaraan Tempur

Susi Susanti, Okezone · Rabu 01 September 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 18 2464192 apa-yang-ditinggalkan-pasukan-as-di-afghanistan-73-pesawat-hingga-100-kendaraan-tempur-8kgmmn8T4k.jpg Peralatan militer AS (Foto: Kantor Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan)

KABUL – Beberapa foto pejuang Taliban tampak muncul dengan peralatan militer yang ditinggalkan oleh pasukan Amerika Serikat (AS) di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul.

Sebanyak 73 pesawat, hampir 100 kendaraan dan peralatan lainnya ditinggalkan oleh pasukan AS saat mereka ditarik keluar menjelang batas waktu 31 Agustus.

Tetapi kepala Komando Pusat AS Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan itu semua tidak mungkin digunakan. "Pesawat-pesawat itu tidak akan pernah terbang lagi," katanya.

Menurut Gen McKenzie, 70 kendaraan anti-ranjau (MRAP) juga ditinggalkan, setelah dinonaktifkan. Harga MRAP ini diperkirakan USD500.000 – USD1 juta (Rp7 miliar – Rp14 miliar).

Pesawat yang ditinggalkan di Kabul meliputi helikopter MD-530, digunakan untuk pengintaian dan serangan jarak dekat, lalu pesawat serang ringan A-29.

(Baca juga: DK PBB Desak Taliban Izinkan Orang-Orang Tinggalkan Afghanistan)

Sementara itu, pada Juni lalu, angkatan bersenjata Afghanistan menggunakan 43 helikopter MD-530 yang disediakan oleh AS dan 23 helikopter A-29.

Harga helikopter A-29 diperkirakan lebih dari USD10 juta (Rp143 miliar).

Sebuah video yang diambil oleh koresponden LA Times Nabih Bulos menunjukkan pejuang Taliban yang menaiki helikopter angkut CH-46 Sea Knight.

(Baca juga: Evakuasi Warga dari Afghanistan, Rusia Gelar Latihan Militer di Perbatasan)

Helikopter ini sempat digunakan oleh Departemen Luar Negeri AS untuk mengevakuasi staf dari kedutaan di Kabul. Tujuh helikopter Sea Knight dilaporkan tidak dapat dioperasikan dan ditinggalkan.

Setidaknya satu pesawat angkut C-130 Hercules juga terlihat di landasan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, peralatan militer lainnya yang juga ditinggal di Kabul adalah 27 kendaraan militer segala medan Humvee, jumlah peralatan sistem pertahanan kontra-roket dan artileri. Dalam beberapa kasus bahan peledak digunakan untuk membuat peralatan tidak mungkin digunakan.

Namun, di tempat lain di negara itu, pasukan Afghanistan melarikan diri dengan sedikit usaha untuk menghancurkan atau melumpuhkan peralatan itu.

Gambar satelit menunjukkan beberapa pesawat diterbangkan ke luar negeri ke Uzbekistan, pada hari-hari sebelum runtuhnya pemerintah Afghanistan.

Dan para ahli menunjukkan beberapa pesawat mungkin sangat terbatas digunakan untuk Taliban tanpa pilot terlatih, pemeliharaan dan akses ke suku cadang.

Tetapi, meskipun tidak mungkin untuk menentukan jumlah tertentu, sebagian besar dari 167 pesawat, termasuk 33 helikopter UH-60 Black Hawk, yang sebelumnya berada di bawah kendali angkatan bersenjata Afghanistan pada akhir Juni lalu, sekarang dianggap berada di tangan Taliban.

Mereka juga jelas sudah menggunakan peralatan AS lainnya. Seperti anggota pasukan khusus Taliban yang difoto di Kabul dengan senapan M4.

Menurut Inspektur Jenderal Khusus AS untuk Rekonstruksi Afghanistan, AS juga menyediakan lebih dari 2.500 Humvee, dari Desember 2017 hingga April 2020,

Biaya spesifik dapat bervariasi, namun diperkirakan lebih dari USD250.000 (Rp3,5 miliar) per unitnya.

Seorang pengamat militer mengatakan bisa menjadi nilai taktis yang sangat besar bagi Taliban termasuk kacamata penglihatan malam, 16.000 di antaranya diberikan kepada pasukan Afghanistan antara 2003 dan 2021.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini