Share

Wanita Ini Melahirkan Bayi dengan Wajah Lebih Tua, Tuai Ejekan Netizen

Susi Susanti, Okezone · Kamis 02 September 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 18 2465226 wanita-ini-melahirkan-bayi-dengan-wajah-lebih-tua-tuai-ejekan-netizen-cyLvSJBlmd.jpg Wanita melahirkan bayi dengan wajah yang lebih tua (Foto: Newsflash)

AFRIKA SELATAN - Seorang wanita muda telah menjadi berita utama karena melahirkan bayi yang terlihat lebih tua darinya dan dikatakan menyerupai seorang wanita tua.

Wanita Afrika Selatan berusia 20 tahun yang tidak disebutkan namanya melahirkan seorang gadis dengan kondisi medis langka progeria, juga disebut sindrom Hutchinson-Gilford, yang menyebabkan korban menua lebih cepat dari biasanya.

Media di Afrika Selatan melaporkan pada Senin (30/8) Agustus bahwa wanita muda itu melahirkan di rumahnya di kota kecil Libode di provinsi Eastern Cape.

Dia melahirkan di rumah setelah neneknya menelepon ambulans, tetapi gagal tiba tepat waktu.

Setelah bayi perempuan lahir dengan tangan cacat dan kulit keriput, dia dan ibunya dibawa ke rumah sakit.

(Baca juga: Wanita Afghanistan Melahirkan Saat Penerbangan Evakuasi ke Inggris)

"Kami diberitahu di sana bahwa dia cacat. Saya perhatikan selama kelahirannya ada sesuatu yang aneh dengannya. Dia tidak menangis dan dia bernapas melalui tulang rusuknya,” terang neneknya kepada wartawan.

"Saya terkejut karena itu aneh. Sekarang saya mendengar orang-orang memanggil namanya. Itu sangat menyakitkan. Jika saya punya cara, saya akan memasukkan mereka semua ke penjara,” lanjutnya.

Setelah foto bayi yang baru lahir diposting secara online, beberapa netizen berkomentar sambil mengejeknya. Netizen mengatakan bayinya terlihat seperti "wanita tua", atau bahkan "kera", yang membuat kecewa keluarganya.

Individu yang lahir dengan progeria biasanya menyerah pada komplikasi kardiovaskular yang parah pada usia pertengahan remaja hingga awal dua puluhan.

(Baca juga: Pria Ini Minta Sang Anak Bunuh Bayinya karena Mirip 'Alien')

Klinik Mayo menyatakan bahwa progeria adalah kelainan genetik progresif yang sangat langka yang menyebabkan anak-anak menua dengan cepat, dimulai pada dua tahun pertama kehidupan mereka.

Dokter mengatakan bahwa mutasi pada gen menyebabkan progeria dan, pada gilirannya, menyebabkan penuaan dini.

Biasanya tidak ada gejala ketika bayi lahir, tetapi mereka mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit selama tahun pertama mereka. Namun dalam beberapa kasus, seperti kasus ini, ada beberapa tanda sejak lahir.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini