Viral Goa Berisi Emas di Deliserdang, Faktanya Mengejutkan

Ahmad Ridwan Nasution, iNews · Jum'at 10 September 2021 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 608 2469152 viral-goa-berisi-emas-di-deliserdang-faktanya-mengejutkan-mLTjwmJHzc.jpg Viral Goa berisi emas di Deliserdang (Foto: Ist/Ahmad Ridwan Nasution)

DELISERDANG - Beredar video viral menunjukkan banyak serpihan emas di dalam sebuah goa di media sosial Instagram. Lokasinya berada di kawasan wisata Goa Tao 8 Putri di Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Dalam beberapa hari ini, warga kota Medan dihebohkan dengan viralnya video Instagram Goa yang berisi emas. Dalam video tersebut tampak beberapa orang masuk ke dalam goa.

Baca Juga:  4 Kejadian Viral Bocah Ditilang Naik Motor, Ada yang Nangis hingga Ngamuk

Dagian depan goa, pemilik video menyebut goa itu mirip wajah manusia. Saat masuk ke dalam dan menerangi dinding goa, terlihat ada serpihan berwarna keemasan, dan mereka menyebut emas. Namun, tidak boleh diambil karena lokasi goa masih sakral.

Viral goa berisi emas 

Terkait hebohnya video goa berisi emas tersebut, Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumut memastikan jika serpihan kuningan yang berada dalam goa tersebut bukanlah emas melainkan mineral pirit ataupun logam biasa.

Sebagaimana disampaikan oleh Geolog, Khairul Ikhsan bahwa yang ada di video viral itu bukanlah emas melainkan mineral yang disebut pirit. Adapun pirit sendiri terbentuk karena adanya proses magmatisme dari bawah dan juga proses hidrotermal, yang mengandung unsur besi dan sulfur yang masuk ke bebatuan.

Baca Juga:  Heboh! Pria Sumsel Nikahi 2 Wanita Sekaligus, Bakal Hidup Serumah di Jakarta

Adanya kehebohan goa emas tersebut, warga diimbau agar tidak mudah percaya karena dipastikan serpihan kuningan yang berada di dinding goa bukanlah emas seperti yang dinarasikan dalam video viral di sosial media tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini