Diisukan Tewas, Pemimpin Al Qaeda Muncul pada Video Peringatan 20 tahun Serangan 9/11

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 13 September 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 18 2470419 diisukan-tewas-pemimpin-al-qaeda-muncul-pada-video-peringatan-20-tahun-serangan-9-11-gEUrao0D89.jpg Pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahri muncul dalam video peringatan 20 tahun serangan 9/11. (Foto: SITE)

PEMIMPIN Al Qaeda Ayman al-Zawahri muncul dalam sebuah video baru yang menandai peringatan 20 tahun serangan 11 September. Video yang menampilkan Al-Zawahri itu muncul beberapa bulan setelah dia diisukan telah meninggal dunia.

Kelompok Intelijen Situs yang memantau situs-situs jihad mengatakan video itu dirilis pada Sabtu (11/9/2021).

BACA JUGA: Warga AS Peringati 20 Tahun Peristiwa 11 September

Dalam video itu, al-Zawahri mengatakan bahwa "Yerusalem tidak akan pernah diadili" dan memuji serangan Al Qaeda, termasuk yang menargetkan pasukan Rusia di Suriah pada Januari.

Situs mengatakan al-Zawahri juga mencatat penarikan militer Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan setelah 20 tahun perang.

Ia menambahkan bahwa komentarnya itu tidak berarti rekaman itu diambil baru-baru ini, karena perjanjian penarikan dengan Taliban ditandatangani pada Februari 2020.

Al-Zawahri tidak menyebutkan pengambilalihan Taliban atas Afghanistan dan ibu kota Kabul bulan lalu, Site menambahkan.

BACA JUGA: Peringati Tragedi 11 September, Biden Serukan Persatuan

Namun dia menyebutkan serangan 1 Januari yang menargetkan pasukan Rusia di tepi kota Raqqa, Suriah utara.

Desas-desus telah menyebar sejak akhir 2020 bahwa al-Zawahri telah meninggal karena sakit.

Sejak itu, tidak ada video atau bukti kehidupan yang muncul, hingga Sabtu.

"Dia bisa saja sudah meninggal, meskipun jika demikian, itu akan terjadi pada atau setelah Januari 2021," cuit Rita Katz, direktur Site sebagaimana dilansir LBC.

Pidato Al-Zawahri direkam dalam video berdurasi 61 menit 37 detik itu dirilis oleh Yayasan Media as-Sahab milik kelompok tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Al Qaeda telah menghadapi persaingan di lingkaran jihad dari saingannya, yang disebut kelompok Negara Islam.

ISIS menjadi terkenal dengan merebut sebagian besar Irak dan Suriah pada 2014, mendeklarasikan "kekhalifahan" dan memperluas afiliasi ke beberapa negara di seluruh wilayah.

"Kekhalifahan" fisik ISIS dihancurkan di Irak dan Suriah, meskipun militannya masih aktif dan melakukan serangan.

Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin ISIS dibunuh oleh pasukan khusus AS dalam serangan di barat laut Suriah pada Oktober 2019.

Al-Zawahri, seorang Mesir, menjadi pemimpin al Qaeda setelah pembunuhan Osama bin Laden 2011 di Abbottabad, Pakistan oleh US Navy Seal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini