PBB: Rakyat Afghanistan Perlu Bantuan untuk Hidup

Agregasi VOA, · Selasa 14 September 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 18 2470944 pbb-rakyat-afghanistan-perlu-bantuan-untuk-hidup-pMGAPLLxkm.jpg Rakyat Afghanistan perlu bantuan kemanusiaan (Foto: Reuters)

JENEWA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, pada Senin (13/9) menyerukan negara-negara untuk menunjukkan solidaritas mereka kepada rakyat Afghanistan, dengan menyumbangkan ratusan juta dolar untuk bantuan kemanusiaan yang luas dan mendesak di negara itu.

“Rakyat Afghanistan perlu bantuan untuk hidup," kata Guterres kepada PBB yang berkumpul di Jenewa.

"Konferensi ini bukan hanya tentang apa yang akan kita berikan kepada rakyat Afghanistan, tapi tentang utang yang harus kita berikan," tambahnya.

(Baca juga: PBB dan NATO Kecam Ledakan Bom Bunuh Diri di Kabul)

PBB meminta lebih dari USD606 juta (Rp8,6 triliun) untuk sisa tahun ini. Dana ini untuk penyediaan makanan, layanan kesehatan, tempat penampungan dan kebutuhan penting lain bagi 11 juta orang.

Selain itu, Guterres mengatakan para pekerja bantuan perlu akses yang aman dan tanpa hambatan di seluruh negara itu. Dia juga menyerukan perlindungan atas hak-hak perempuan dan anak perempuan serta mata pencaharian warga agar ekonomi tidak hancur total.

 (Baca juga: Sekjen PBB Serukan Dunia Internasional Tak Abaikan Afghanistan)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini