Share

Perdana Buka Wisata, India Akan Beri Visa Gratis untuk 500.000 Wisatawan Pertama

Vanessa Nathania, Okezone · Senin 20 September 2021 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 18 2473916 perdana-buka-wisata-india-akan-beri-visa-gratis-untuk-500-000-wisatawan-pertama-SGvavEozue.jpg Wisatawan di pantai di negara bagian Goa, India (Foto: AFP)

INDIAMedia India melaporkan sebuah pernyataan resmi akan dirilis terkait pembukaan kembali perbatasan India untuk turis internasional dalam beberapa hari mendatang. Sebagai bonus, setengah juta visa akan dikeluarkan secara gratis.

Menurut kantor berita terbesar negara itu, Press Trust of India (PTI), pada Minggu (19/9), untuk pertama kalinya dalam satu setengah tahun, India dapat menyambut wisatawan asing pada akhir bulan ini.

Mengutip sumber Kementrian Dalam Negeri India yang dilansir oleh PTI, pengumuman resmi diharapkan keluar dalam 10 hari ke depan.

Sebuah sumber menambahkan, pihak berwenang masih memutuskan apakah akan menerapkan ketentuan pembatasan bagi para pelancong, seperti bukti vaksinasi, atau apakah akan membatasi kedatangan dari negara-negara tertentu.

(Baca juga: Taliban Janji Hak Atas Perempuan Akan Diterapkan Setelah Transportasi dan Lingkungan Aman)

Dalam upaya untuk menghidupkan kembali industri pariwisatanya, pemerintah India – melihat penurunan kasus Covid-19 – juga telah memutuskan untuk mengeluarkan visa masuk secara gratis. Visa gratis akan diberikan hingga akhir Maret 2022 kepada 500.000 pelancong pertama. Berita tentang visa gratis telah dikonfirmasi oleh Perdana Menteri Narendra Modi, yang dilaporkan oleh Times of India pada Minggu (19/09).

Modi mengatakan pada Sabtu (18/9), hal ini untuk membantu menghidupkan kembali negara itu setelah ‘lockdown’ nasional yang diterapkan pada Maret tahun lalu, vaksinasi diprioritaskan untuk negara-negara bagian yang populer dengan turis internasional.

(Baca juga: Lansia Disemprot Merica Saat Protes 'Lockdown' Covid-19, Tuai Kecaman di Media Sosial)

Dia menyebut negara bagian Goa secara khusus sebagai “tanda kekuatan Merek India,” dan negara dengan kemungkinan tak terbatas. Dia mengatakan Goa harus memainkan peran penting dalam membawa pelancong kembali ke negara yang dilanda pandemic itu.

Setelah memuji upaya vaksinasi Goa, Modi mengatakan 100% dari populasi negara bagian yang memenuhi syarat telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. Dia menyarakan selama karyawan hotel, sopir taksi, dan pemilik toko divaksin, orang-orang akan melakukan perjalanan ke Goa dengan rasa aman.

Dia menyebut hal ini sebagai tonggak utama dalam perang melawan virus corona yang membuatnya dirinya gembira.

India adalah salah satu negara yang paling menderita karena Covid-19, dengan hampir 33,5 juta kasus dikonfirmasi dan hampir 445.000 kasus kematian. Namun, baru-baru ini mulai terlihat penurunan infeksi aktif. Menurut buletin terbaru Kementerian Kesehatan pada Minggu (19/9), 30.773 kasus baru dan 309 kematian telah terdaftar dalam 24 jam terakhir. Tingkat pemulihan India mencapai sekitar 97,6%. Lebih dari 14,5% populasinya telah divaksinasi lengkap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini