Tahanan Tembak Napi di Penjara, Selundupkan Senjata Lewat Drone

Vanessa Nathania, Okezone · Selasa 21 September 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 18 2474639 tahanan-tembak-napi-di-penjara-selundupkan-senjata-lewat-drone-8A04kE2OJS.jpg Polisi mengamankan tempat kejadian penembakan di penjara (Foto: AFP)

ITALIA - Seorang tahanan Italia menahan seorang penjaga di bawah todongan senjata dan menembak sesama narapidana dengan senjata yang diyakini telah diselundupkan oleh pesawat tak berawak (drone) dalam upaya melarikan diri dari penjara, namun gagal.

Menurut kantor berita Agence France-Presse (AFP), gangster berusia 28 yang memiliki hubungan dengan mafia Neapolitan, melepaskan tiga tembakan ke tahanan yang berdebat dengannya.

Dilansir Daily Mail. Donate Capece, Kepala serikat penjara Sappe, mengatakan para tahanan yang ditembak tidak terluka setelah serangan itu.

Capece menambahkan serangan itu terjadi saat Mafioso mendapat izin untuk meninggalkan selnya untuk mandi, tetapi begitu pintu ditutup, dia mengeluarkan pistol dan mengarahkannya ke penjaga, memaksanya untuk menyerahkan kunci ke sel lain.

Namun, saat tidak dapat membuka sel, pria bersenjata itu malah menembak sasaran yang dituju melalui jeruji.

Pria itu kemudian menggunakan ponsel ilegal untuk menelepon pengacaranya, yang menyarankannya untuk menyerahkan senjatanya kepada pihak berwenang di penjara.

 (Baca juga: 6 Napi Palestina di Israel Lanjutkan Mogok Makan)

“Kami berasumsi senjata itu datang menggunakan drone”, kata Capece.

Insiden itu hanyalah serangan terbaru dari serangkaian serangan lain yang telah menimbulkan kekhawatiran atas pengelolaan penjara Italia, dengan serikat penjaga penjara Uipla meminta pemerintah untuk membentuk unit krisis setelah insiden tersebut, ia juga mengatakan sistem penjara 'di luar kendali' .

(Baca juga: Penjara Dibobol, 266 Narapidana Lepas)

Menurut laporan Dewan Eropa 2020, negara Mediterania memiliki penjara paling penuh di seluruh Uni Eropa, dengan 120 tahanan per 100 tempat. Sebagai perbandingan, Prancis memiliki 115 tahanan per 100 tempat sementara Spanyol memiliki 70,8 tempat.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini