Malaysia Minta Thailand Ekstradisi Transgender Nur Sajat

Susi Susanti, Okezone · Rabu 22 September 2021 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 18 2474982 malaysia-minta-thailand-ekstradisi-transgender-nur-sajat-sYWzKGYWI5.jpg Pengusaha kosmetik transgender Nur Sajat (Foto: Bangkok Post)

KUALA LUMPUR - Polisi Kerajaan Malaysia (PDRM) mengajukan perintah ekstradisi terhadap pengusaha kosmetik transgender Nur Sajat dari pihak berwenang di Thailand.

pDirektur Departemen Investigasi Kriminal Bukit Aman Comm Datuk Seri Abd Jalil Hassan mengatakan (permohonan ekstradisi) juga melibatkan berbagai lembaga lain di Malaysia, termasuk Kamar Jaksa Agung (AGC).

Jalil mengatakan seluruh proses aplikasi akan memakan waktu karena melibatkan banyak lembaga di sini.

"Kami tidak bisa memastikan kapan Nur Sajat bisa dibawa pulang. Saat kami mengajukan (untuk perintah ekstradisi), pihak berwenang Thailand juga harus menyetujuinya," terangnya.

Sebelumnya pada Senin (20/9), dalam sebuah pernyataan, Comm Abd Jalil mengatakan Nur Sajat, 36, ditahan oleh imigrasi Thailand pada 8 September lalu karena memiliki paspor yang tidak valid.

(Baca juga: Pria Transgender Mejeng di Depan Kakbah Diperintahkan Ditangkap)

Keesokan harinya, dia didakwa di pengadilan Thailand dan didenda atas pelanggaran tersebut.

"Upaya sedang dilakukan untuk membawa dia pulang,” lanjutnya.

"Nur Sajat dicari oleh otoritas Malaysia berdasarkan Pasal 186 KUHP karena menghalangi pegawai negeri menjalankan tugasnya dan Pasal 353 KUHP dengan menggunakan kekuatan kriminal untuk menghalangi pegawai negeri menjalankan tugasnya," katanya. .

Dia dicari oleh pihak berwenang setelah Pengadilan Tinggi Syariah Shah Alam mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya pada 23 Februari karena gagal menghadiri proses atas tuduhan berpakaian sebagai seorang wanita.

 (Baca juga: Kisah Pelapor Korupsi yang Nyawanya Terancam: Saya Tidak Aman, Tapi Saya Tidak Menyesal)

Nur Sajat, yang bernama lahir Muhammad Sajjad Kamarul Zaman, juga diminta polisi untuk menghadiri persidangan di Pengadilan Ampang Jaya atas kasus penipuan yang melibatkan detail MyKad.

Diketahui, Nur Sajat, diburu pasukan Malaysia terkait kasus penistaan agama Islam karena berpose di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, sebagai jamaah wanita. Dia telah ditangkap otoritas Imigrasi Thailand di Bangkok. Namun dia dibebaskan dengan uang jaminan.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini